SANGGAU, metro7.co.id – 11 November 2022 rute perjalanan Kota Sanggau dialihkan sementara untuk kendaraan roda 4 dari arah Bodok menuju Sekadau lewat jalan alternatif Jalan Bujang Malaka tembus simpang empat Sanggau Permai.

Pengalihan sementara rute dalam kota Sanggau hanya diberlakukan 1 jalur, dari arah Bodok ke arah Sekadau khusus kendaraan roda 4 saja, untuk kendaraan truck roda 6 tetap menggunakan jalur normal dalam kota Sanggau.

Satlantas Polres Sanggau akan melakukan rekayasa lalulintas dalam rangka kegiatan Tahbisa Keuskupan Kabupaten Sanggau di Gereja Katedral Sanggau yang di jadualkan akan berlangsung pada 10 November 2022 sampai 13 November 2022.

Iptu Yunita Pusita Sari, Kasat Lantas Polres Sanggau, Senin (7/11) mengatakan, rekayasa lalulintas dilakukan untuk mengantisipasi tingkat kepadatan kendaraan yang melintas dikarnakan pada tanggal 10 sampai 13 November acara Tahbisa Keuskupan Kabupaten Sanggau berlangsung.

Menurut Kasat Lantas, Pengalihan rute kendaraan akan berlaku pada hari Jumat 11 November 2022 pagi pukul 06.00 Wib sampai pukul 20.00 Wib.

“Ya akan diberlakukan pengalihan semetara kendaraan roda 4, dan itu pun berlaku hanya satu arah yaitu dari arah Bodok menuju Sekadau yang natinya akan di alihkan melalui jalan alternatif Bujang Malaka,” jelasnya.

Ia menyebut Kendaraan diatas roda 4 masih menggunakan jalur normal, hal tersebut menurutnya disebapkan karna kondisi jalan alternatif Bujang Malaka haya bisa dilalui kendaraan roda 4 saja.

“Kondisi Jalan Altrrnatif Bujang Malaka menuju simpang 4 Sanggau Permai Kaisar Itu aman untuk dilalui kendaraan roda 4, tapi tidak untuk roda 6 yang bermuatan berat,” terangnya.

Ia juga mengatakan Pengalihan sementara diberlakukan hanya 1 jalur hal itu menurutnya demi menjaga krlancaran laluintas bagi pengguna jalan khususnya kendaraan roda 4 yang menggunakan jalur alternatif.

“Ya, tujuana kita merekayasa lalulintas demi menjaga situasi kelancaran jalan, saat acara puncak Tahbisa Keuskupan Kabupaten Sanggau pada tanggal 11 Noveber yang diperkirakan akan dihadiri 10 ribu orang,” bebernya.

“Untuk kendaraan mobil roda 4 untuk jalan dari Sekadau menuju Bodok berlaku jalur biasa, dapat melewati jalur dalam kota Sanggau, sedangkan jalur dari Bodok ke arah Sekadau akan diberlakukan pengalihan arus lalulintas yaitu dari arah jalan Bujang Malaka samping SPBU mengarah simpang 4 Sanggau Permai Kaisar,” terang Kasat Lantas.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat pemilik kendaraan agar tidak ada yang memarkirkan kendaraan roda 4 ataupun roda 6 keatas disepanjang bahu dan badan jalan.

“Pemilik kendaraan roda 4 dan 6 keatas dilarang memarkirkan kendaraanya dibahau dan badan jalan, mulai dari SPBU Bujang Malaka sampai simpang 4 BRI Sanggau,” ucapnya.

“Dimohon kerjasamanya demi kelancaran kegiatan Tahbisan Keuskupan Sanggau 2022 di Gereja Katedral Sanggau,” pungkasnya.