SANGGAU, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Sanggau terus mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sanggau, hal itu disampaikan Bupati Sanggau Paolus Hadi saat membuka kegiatan Festival Batik Sabang Merah, di Aula Hotel Garden Palace, Rabu (31/5).

Paolus Hadi mengatakan, Kabupaten Sanggau saat ini telah memiliki Sabang Merah sebagai ikon yang merupakan akronim dari Sanggau Bangga Mengukir Sejarah.

“Ya, Sabang merah bukanlah sekedar selogan belaka, tetapi benar – benar termanifestasikan dalam berbagai pencapaian yang telah di peroleh pemerintah dan masyarakat Sanggau,” tegas Paolus Hadi.

Ia menyampaikan, dengan rangkaian kegiatan festival batik dan festival musik sabang merah tentunya itu merupakan suatu langkah pertama dan bersejarah bagi Kabupaten Sanggau yang baru pertama kalinya mengadakannya.

Ia juga berharap, rangkaian kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Sanggau khususnya pelaku ekonomi kreatif di bidang fashion dan musik.

“Kita berharap torehan sejarah ini tidak berhenti disini saja, tetapi dapat terus berkembang menjadi torehan prestasi dan sejarah di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau, L Toto Martono yang juga penitia di Festival Batik Sabang Merah
menyampaikan, diadakanya Festival tersebut guna meberi ruang kepada palaku ekonomi kreatif khususnya pada sub sektor fashion dan musik yang ada di Kabupaten Sanggau, agar dapat menampilkan hasil karya terbaik dalam bentuk kreasi busana Batik Sabang Merah dan musik kreasi Kabupaten Sanggau.

Ia mengatakan, kegiatan Festival Batik Sabang Merah dan Festival musik Sabang Merah di laksanakan dari tanggal 31 mei sampai 3 juni 2023 yang terdiri dari pelatihan musik dengan 20 orang peserta, lomba desain busana Batik Sabang Merah dengan 21 orang dan talk show.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapan menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif khsusus sub sektor fashion dan musik dalam menampilkan hasil karyanya,” pungkasnya.