SANGGAU, metro7.co.id – Sebanyak 45 kontigen atlet pelajar Kabupaten Sanggau diberangkatkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Popda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) tahun 2023, pelepasan para atlet dilakukan langsung oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi di halaman Kantor Buoati Sanggau, Rabu (14/6).

Pelepasan atlet pelajar Kabupaten Sanggau dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau, Libertus Toto Martono, Staf Ahli Bupati Sanggau, Rizma Aminin, Ketua KONI Kabupaten Sanggau, Ibrahim, para pelatih dan official, atlet dan undangan lainnya.

“Kontingen Popda Kabupaten Sanggau mengikuti 7 cabang olahraga. Tadi saat saya cek semua bilang dapat medali emas, ya tapi untuk saya realistis, mereka pertama harus memahami tugas dia sebagai atlet dimana. Sehingga dia bisa menjiwai, dan itu tidak menutup kemungkinan, yang penting semangat dulu dan mental,” kata Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Ia mengatakan, di ajang Popda tahun sebelumnya, Kabupaten Sanggau masih mendapatkan satu medali emas dan dirinya berharap capaian medali di tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahan di tahun 2023 ini bisa dapat lagi tambahan, saya lihat mental para pelajar kita harus terus dipacu. Tapi saya percaya, tadi mereka memperlihatkan semangatnya,” tegasnya.

Paolus Hadi juga menegaskan, semangat Sanggau bangga mengukir sejarah (Sabang Merah) kepada seluruh kontingen Popda Kabupaten Sanggau.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau, Libertus Toto Martono mengatakan bahwa dari 10 cabang olahraga yang dipertandingkan, Kabupaten Sanggau mengikuti 7 cabang olahraga dengan 45 orang atlet.

“Yang terdiri dari 25 atlet putra dan 20 atlet putri, dari 26 sekolah di Kabupaten Sanggau,” katanya.

Secara keseluruhan kontingen Popda Kabupaten Sanggau tahun 2023 berjumlah 76 orang, yang terdiri dari 45 orang atlet, 15 orang pelatih dan official, empat orang tenaga medis, dan 12 orang pendamping dari Disporapar Kabupaten Sanggau.