SANGGAU, metro7.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting, menyampaikan, berdasarkan hasil swab PCR kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini bertambah menjadi 3 (tiga) orang.

Ketiga orang tersebut semuanya berjenis kelamin laki-laki dan berasal dari Kecamatan Tayan Hilir.

“Ketiga orang itu masing-masing berusia 54 tahun, 25 tahun dan 19 tahun. Yang 25 tahun dan 19 tahun merupakan satu keluarga, keduanya tanpa gejala. Dua orang ini sebelumnya berkontak dengan pasien 54 tahun itu,” ungkap Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting. Senin, (28/9/2020).

Menurut Ginting, pasien terkonfirmasi Covid-19 berusia 54 tahun dan sudah menjalani penanganan disalah satu Rumah Sakit di Pontianak dan dalam keadaan stabil.

Dua pasien berusia 25 tahun dan 19 tahun, sekarang masih berada dirumahnya. Dinas Kesehatan, tambah Ginting, sudah menyiapkan tempat isolasi bagi keduanya di Mess Diklat Pemda Sanggau.

“Kami harapkan kerjasama dari dua orang ini, supaya tidak menularkan kepada yang lain. Lebih amannya memang isolasi ditempat yang sudah disiapkan pemerintah,” ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten Sanggau sekarang menelusuri orang-orang yang berkontak dengan ketiganya. Atas temuan ini Dinas Kesehatan memberikan atensi lebih pada Kecamatan Tayan Hilir.

“Tayan Hilir akan menjadi fokus kita sekarang. Dan akan terus mendalami dan mengecek sajauh mana kontak pasien terpapar dengan lingkungan tempat ia bekerja dan diluar tempat kerjanya,” katanya.

Menurut Ginting, RSUD Mth saat ini sedang ada yang dirawat dua pasien dalam pengawasan Covid19, satu laki-laki dan seorang lagi perempuan.

“Bagi masyarakat kita imbau semua harus mentaati protokol kesehatan Covid-19. Karna virus corona adalah ancaman besar bagi kita, jangan lupa gunakan masker bila keluar rumah dan hindari dari kerumunan orang,” tandasnya. *