KETAPANG, Metro7.co.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ketapang telah menerima 4.920 vial vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (27/1/2021) kemarin.

Asisten II Setda Ketapang, Marwan Noor mengaku, saat ini Pemda telah melakukan langkah-langkah percepatan persiapan, di antaranya akan melaksanaka rapat koordinasi kembali bersama tim gugus tugas Covid-19.

“Kita akan menstrategikan untuk memvaksin sesuai standar kesehatan,” kata Marwan Noor kepada media saat menerima kedatangan vaksin kemarin.

Vaksin tersebut, lanjut Marwan, nantinya akan didahulukan kepada tenaga kesehatan, baik Puksesmas, Rumah Sakit hingga Dinas Kesehatan.

Kemudian TNI, Polri, Satpol PP dan seterusnya OPD pelayanan seperti Disdukcapil, Bapenda, Dinas Penanaman Modal dan pelayanan publik lainnya.

“Nanti tanggal 2 Februari kita akan launching pelaksaan vaksin di Puskesmas Sukabangun. Orang pertama Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Asisten dan Wakil Bupati terpilih juga,” ujarnya.

Sementara Plt Dirut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agoesdjam Ketapang, Herman memastikan pihaknya siap dalam hal pelaksaan vaksin. Terlebih sudah ada Komite Keselamatan Kerja (K3) dan sudah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan.

“Kita siap baik dalam hal kedatangan hingga pelaksanaan vaksin nantinya,” ucap Herman.