Gelar Workshop Strategi Perumdam Tirta Pancur Aji Tingkatkan Pelayanan dan Kinerja Pegawai
SANGGAU, metro7.co.id – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Pancur Aji Sanggau menggelar Workshop pengembangan dan implementasi KPI dan SOP berbasis kinerja serta sertifikasi sistem manajemen mutu SNI ISO 9001:2015.
Workshop dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka di Aula Musyawarah II Kantor Bupati Sanggau, Rabu (21/9).
Kukuh Triyatmaka menerangkan, workshop itu merupakan strategi dari perumda Tirta Pancur Aji, dalam rangka perubahan-perubahan perumda agar kedepannya jadi lebih baik.
“Memang saat ini Pemda sudah mendukung juga baik Beberapa dari segi sarana prasarana, kemudian penyertaan modal dan sebagainya, tapi untuk melakukan perusahaan itu lebih baik memangp harusnya dari aspek sumber daya manusia (SDM) harus ditingkatkan,” ujar sekda Kukuh usai membuka Workshop.
Sekda Kukuh menyampaikan, kegiatan tersebut strategi dari direksi untuk beisa meningkatkan SDM karyawan di Perumdam Tirta Pancur Aji.
“Maka dilakukanlah kegiatan ini seperti pendampingan, bimtek, Workshop inikan udah secara nasional, dituntut ini. Bagaimana SDM dari Perumda itu juga mempunyai kinerja yang terukur nantinya, pada akhirnya perusahaan daerah tentunya akan lebih baik,” bebernya.
Sementara itu, Direktur Perumda Tirta Pancur Aji Sanggau, Yohanes Andriyus menyampaikan tujuan dari workshop tersebut supaya masing-masing individu karyawan mengetahui apa yang harus dikerjakan kemudian hasilnya apa.
“Itu akan terlihat, artinya mereka mempunyai Key Performance Indicator (KPI), masing-masing punya orang KPI, untuk menilai hasil kinerja mereka,” ujar Direktur Yohanes Andriyus.
Memang harapan kedepan, kata Yohanes Andriyus, masing-masing karyawan sudah mempunyai tugas dan fungsi yang jelas
“KPI juga menjadi salahsatu alat untuk bagi managemen menilai seorang pegawai atau karyawan,” ungkapnya.
Ketika ditanyai terkait output dari workshop tersebut, Yohanes Andriyus menjelaskan output dari workshop adalah meningkatnya pelayanan dari perumda Tirta Pancur Aji kepada pelanggan.
“Outputnya ketika SDM nya sudah baik, mindsetnya sudah berubah pasti dampaknya kepelayanan, karena kinerja karyawan sudah terkontrol dengan baik,” pungkasnya.