SANGGAU, metro7.co.id – Bupati Sanggau Paolus Hadi menghadiri kegiatan ritual adat Jawa Sedekah Bumi dan meresmikan Joglo Paguyuban Guyub Gawe Guno (G3), di Pendopo Rumah Adat Jawa RT 12 RW 5 Jalan Padat Karya Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kamis (22/12).

Paolus Hadi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sanggau berkomitnen untuk selalu mendorong seni budaya agar terus berkembang di Kabupaten Sanggau.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan budaya sebenarnya sesuai dengan visi misi kita, bagaimana kita mengembangkan dan mendorong kuat budaya dan iman karena dalam sebuah negara besar dan maju sebenarnya budaya dan iman menjadi sebuah kekuatan besar,” ucapnya.

Ia berharap, semua etnis yang ada di Sanggau dapat menampilkan adat istiadatnya masing-masing dengan hidup selalu rukun berdampingan.

“Mari Kita bekerja dengan hati dan juga dengan keikhlasan, saya sangat senang paguyuban berkembang dan juga dapat membantu program pemerintah dalam pembangunan di kabupaten ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurutnya, semua satu kesatuan dan ia senang semua paguyuban dan etnis bersatu untuk menunjukan kebudayaannya masing-masing, karena negara yang kuat bersatunya kebudayanya dan gotong royongnya.

Ia berharap agar paguyuban lainnya yang belum ada rumah pertemuan supaya bisa dapat membangun rumah pertemuan budaya masing-masing dengan selu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Ketua Paguyuban G3, Sugiman berterima kasih kepada Pemda dan Dinas Dikbud Kabupaten Sanggau yang telah mensupport sehingga ritual adat Jawa budaya sedekah bumi dan pagelaran Wayang kulit kesenian Campur Sari Tahun 2022 dapat dilaksanakan.

“Kesenian adat jawa yang dipertunjukan itu adalah warisan leluhur yang hingga kini masih dilaksanakan, khususnya masyarakat Etnis Jawa, saya sangat berterima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah, yang sudah membantu dana melalui dana hibah sehingga pendirian pendopo bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

Paguyunan G3 Kabupaten Sanggau berjanji akan selalu mendukung kebijakan yang dibuat pemerintah daerah dalam kemajuan di Sanggau.

Turut berhadir, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, Dandim 1204/Sgu, Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, Ketua Pengadilan Sanggau, Haklainul Dunggio, Kasi Pidsus Kejari Sanggau, Agus, Kepala OPD Kab Sanggau, Forkompimcam Kapuas, Ketua MABM Sanggau, Ketua Panitia AKBP (Purn) Wardaya, Ketua G3 Sanggau Sugiman, Para ketua Lintas Etnis Sanggau, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat Etnis Jawa yang ada di Sanggau, Sintang, Melawi dan Sekadau.