KETAPANG, metro7.co.id – Wakil Bupati Kabupaten Ketapang, H Farhan, menghadiri acara wisuda Tahfidz Qur’an Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Tilawatil Qur’an angkatan ke-2 di aula Dinas Pertanian Ketapang, Minggu (04/04/2021).

Menurut Farhan, wisuda santri TPQ mempunyai arti penting membentuk kepribadian anak dalam kehidupan beragama. TPQ merupakan salah satu tempat mendidik dan membina anak guna memperdalam isi kandungan Al-Qur’an.

“Membaca Al-Qur’an tidak saja merupakan ibadah, tetapi diharapkan anak dilatih untuk memahami dan mengamalkannya,” kata Farhan ketika menyampaikan sambutan.

Farhan menyebut, kini, TPQ telah tumbuh dan berkembang hingga di desa-desa sebagai peningkatan dari cara pengajaran membaca Al-Qur’an. Terlebih bangsa Indonesia memerlukan generasi yang punya pengetahuan agama.

“Bangsa kita memang memerlukan generasi muda yang maju dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi kemajuan harus diimbangi dengan pengetahuan di bidang keagamaan,” sebutnya.

Terhadap semakin bertambahnya santri yang diwisuda setiap tahun, ia mengaku senang. Munurutnya, hal demikian menunjukkan bahwa kesadaran orang tua dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anaknya sudah menjadi kebutuhan.

“Peran serta orang tua sangat penting dalam upaya meningkatkan pendidikan agama, karena pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan guru, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama orang tua dan masyarakat,” tuturnya.

Sementara pimpiman TPQ Tilawatil Qur’an, Ustadz Dedy Susanto mengatakan, wisuda Tahfidz Qur’an kali ini diikuti 34 santri, mulai dari tingkat TKA, TPA, TQA.

“Wisuda tahfidz quran juz 30, serta 2 juz baik tingkat TKA, TPA, dan TQA yang diikuti sejumlah 34 santri di tingkat TKA sebanyak 7 santri, tingkat TPA 18 santri, tingkat TQA 1 juz 10 santri dan 2 juz 2 orang santri,” paparnya.[]