KETAPANG, metro7.co.id – Polres Ketapang meraih penghargaan pelayanan publik kategori sangat baik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Pemberian penghargaan dilakukan secara virtual itu diikuti langsung Menpan, Kapolri dan Ketua KPK, Selasa (16/2/2021).

Kapolres Ketapang, AKBP Wuryantono mengatakan, penghargaan yang diterima Polres Ketapang tentu menjadi motivasi tersendiri dalam hal peningkatan pelayanan terhadap masyarakat Ketapang.

“Alhamdulillah, Polres Ketapang menjadi satu diantara Polres yang mendapat penghargaan dalam rangka pelayanan publik sangat baik dari Kemenpan RB,” kata Kapolres, Rabu (17/2/2021).

Wuryantono menjelaskan, penghargaan diberikan Kemenpan RB setelah melalui rangkaian penilaian terhadap 209 Polres se-Indonesia. Di mana terdapat 40 Polres yang mendapatkan penilaian sangat baik dalam pelayanan publik.

“Untuk di Kalbar ada 4 Polres mendapat penghargaan ini, selain Polres Ketapang ada Polresta Pontianak, Polres Singkawang dan Polres Sambas,” jelasnya.

Menurut Wuryantono, yang dimaksud pelayanan sangat baik dilihat dari pelayanan terhadap masyarakat. Mulai dari pengurusan SKCK, SIM, pelayanan berkaitan dengan Disabilitas, protokol kesehatan hingga inovasi dalam hal pelayanan secara online.

Untuk pelayanan secara online, diakui dia bahwa Polres Ketapang memiliki terobosan kreatif atau inovatif dengan adanya program Digital Melayani atau Dilan.

“Dilan sempat vakum, namun kami aktifkan kembali. Awalnya melalui aplikasi Playstore kami ubah menjadi Google, tujuan semakin memudahkan masyarakat mengakses agar tidak lagi perlu menginstal aplikas, terutama memudahkan masyarakat yang memori handphone terbatas,” timpalnya.

Dalam Dilan sendiri, lanjutnya, terdapat sekitar 11 pelayanan online yang bisa diakses masyarakat. Di antaranya SKCK, SIM, izin keramaian, Ketapang smart city hingga laporan dan pengaduan polisi.

“Dengan penghargaan ini tentu menambah semangat kami dalam memberikan pelayanan terbaik. Kepada anggota, saya tetap meminta bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab serta menjadikan masyarakat yang datang dilayani layaknya raja,” tambahnya.[]