KETAPANG, metro7.co.id – Mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) mengikuti peringatan hari Kebangkitan Nasional ke-113 secara virtual dengan Pemerintah Pusat, Kamis (20/05/2021) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Ketapang.

 

Kegiatan dengan tema ‘Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh’ itu turut diikuti Asisten I Sekda, Donatus Franseda AP MM, Sekretaris DPRD, para Kepala OPD dan Kepala BKD.

 

Menteri Kominfo, Johnny G Plate dalam sambutannya mengatakan, peringatan Kebangkitan Nasional ini menjadi titik awal dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahanbangsa Indonesia.

 

“Tema yang diambil mengingatkan bahwa semangat Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan,” kata Johnny G Plate.

 

Dia menjelaskan, tujuan peringatan Harkitnas ke-133 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong sebagai landasan melaksanakan pembangunan. Serta selalu optimis menghadapi masa depan, mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid-19.

 

Saat ini, lanjut dia, pandemi Covid-19 memaksa mengubah kebiasaan-kebiasaan secara drastis, seperti interaksi fisik atau tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi.

 

“Dengan adanya kondisi ini, Indonesia bahkan seluruh dunia, tanpa sadar melakukan perubahan atau pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan dari non digital menjadi digital,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, hari Kebangkitan Nasional mengingatkan kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan mana pun.

 

“Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa. Menuju Indonesia digital, semakin digital akan semakin maju,” tambahnya.