SAMBAS, metro7.co.id – Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester VI IAIS Sambas melaksanakan kegiatan praktek ke sekolah, khususnya di PAUD/RA untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester (UTS) dengan cara melakukan praktek berupa melaksanakan proses belajar mengajar di PAUD/RA yang mereka kunjungi, di RA Labschool IAIS Sambas, Rabu (5/6).

Tresa Nur Anggraini, merupakan salah satu mahasiswa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester VI yang melaksanakan tugas praktek itu mengungkapkan, ia sangat senang, karena dengan diadakannya Ujian Tengah Semester (UTS) untuk mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) itu membuat ia banyak belajar dan menjadi pengalaman baru.

Ada beberapa tahapan proses pembelajaran yang ia lakukan di dalam kelas, diantaranya mengajak anak berbaris sebelum masuk kelas, kegiatan fisik-motorik sebelum memulai pembelajaran, kegiatan pembukaan seperti mengabsen anak-anak, kegiatan inti proses belajar mengajar menggunakan buku tema.

Juga kegiatan pembelajaran dengan sub tema Tempat Wisata (pantai), kegiatan 1 anak menghitung benda yang ada di gambar dan menulisnya, mengoreksi hasil pekerjaan anak bersama-sama, kegiatan 2 membuat topi pantai, memakai topi yang dibuat bersama-sama dan kegiatan penutup diselingi dengan makan bersama.

“Bahkan saya juga sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya tugas praktek belajar mengajar yang diberikan oleh bapak Bayu itu, karena dengan adanya tugas seperti itu membuat saya mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman yang mungkin tidak didapatkan sebelumnya,” tuturnya.

Sementara, menurut Bayu, selaku dosen pengampu mata kuliah PTK pada program studi PIAUD di IAIS Sambas, tujuan dengan diadakannya tugas UTS seperti itu secara tidak langsung merupakan salah satu bentuk penugasan berupa praktek mengajar secara langsung turun ke sekolah seperti di PAUD/RA dengan cara melakukan praktek belajar mengajar dalam proses PTK.

“Dengan diadakannya kegiatan seperti ini akan membuat mahasiswa lebih mudah memahami apa yang telah mereka pelajari di dalam kelas, sehingga dengan diadakannya kegiatan praktek belajar mengajar di sekolah khususnya PAUD/RA akan memberikan sebuah pembelajaran secara langsung mengenai PTK tersebut,” tutupnya.