PONTIANAK, metro7.co.id – Jajaran kepolisian secara serentak di Indonesia mulai hari ini sampai 14 hari ke depan (26 Oktober – 8 November 2020) akan menggelar Operasi Zebra Kapuas tahun 2020.

Selain akan mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan, aparat kepolisian yang bertugas dalam operasi tersebut juga akan menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19, seperti wajib menggunakan masker dan wajib jaga jarak, tidak berkerumun.

Kapolsek Pontianak Timur Akp Prayitno SH MH Melalui Kasi Humas Iptu Iskak Pujiyanto mengatakan, sedikitnya 20 personel Polsek Pontianak Timur Polresta Pontianak Kota akan dilibatkan dalam Operasi Zebra Kapuas tahun 2020. personel itu dibagi menjadi empat Satuan Tugas (Satgas). Antara lain Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Penegakan Hukum dan Satgas Bantuan.

“Sasaran Operasi Zebra Kapuas 2020 kali ini adalah segala bentuk gangguan yang akan menyebabkan kemacetan arus lalu lintas, pelanggaran lalu lintas, hingga kecelakaan lalu lintas,” Khususnya diwilayah Pontianak Timur Dan Sekitarnya jelas Kasi humas. dalam keterangan tertulisnya . selasa (27/10)

“Kami utamakan langkah preemtif dan preventif. Penegakan hukum akan dilakukan secara selektif dan tematik. Disiplin protokol kesehatan tetap diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polsek pontianak Timur Polresta Pontianak Kota,” tandas Kasi Humas.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek pontianak Timur Ipda Sunanta menjelaskan, dalam Operasi Zebra Kapuas tahun 2020 ini jajarannya juga akan fokus dalam penerapan protokol kesehatan.

“Sebenarnya Ops Zebra Kapuas kali ini akan kita lakukan dengan hanting kemudian kita lakukan pengecekan tentang protokol kesehatan. Sekalian dicek untuk kelengkapan surat dan kelengkapan kendaraan. Namun jika ada pelanggaran secara kasat mata, akan dilakukan penindakan,” jelas Sunanta

Ia juga berharap giat operasi di tengah pandemi kali ini bisa menekan, hingga memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polsek pontianak Timur polreta pontianak kota

“Di lapangan juga para petugas akan memberikan imbauan agar masyarakat Pontianak yang melintas di kawasan pontianak Timur mematuhi protokol kesehatan. Poin utama memutus penyebaran Covid-19,” tandasnya.