MEMPAWAH, metro7.co.id – Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga, bersama jajarannya turun langsung meninjau lokasi banjir serta berikan bantuan sembako kepada korban dampak banjir di Desa Sungai Purun Kecil Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah, Sabtu (5/9/2020).

Kapolres Mempawah di dampingi Ketua Cabang Bhayangkari Polres Mempawah Wiwik Tulus beserta pengurus Bhayangkari Cabang Mempawah, yang meninjau langsung Korban dampak Banjir, hadir juga anggota DPRD Mempawah Fraksi Partai Gerindra A. Rafik.

Kapolres Mempawah beserta rombongan tiba di Kantor Desa Sungai Purun Kecil pukul 11:25 Wib, disambut langsung oleh Kapolsek Sungai Pinyuh Kompol B.Sembiring, didampingi Bhabinkamtibmas Desa Sungai Purun Kecil Bripka Riska Kurniawan serta Kepala Desa Sungai Purun Kecil Zainol Bahri, kemudian rombongan bersama-sama meninjau Posko Banjir di Kantor Desa Sungai Purun Kecil dan lokasi tempat pengungsian di Gedung SMPN 2 Sungai Pinyuh di Desa Sungai Purun Kecil.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan oleh Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga, dan Ketua Bhayangkari Cabang Mempawah Wiwik Tulus yang diterima langsung oleh Kepala Desa Sungai Purun Kecil Zainol Bahri, Berupa Beras, Mie Instan, Sarden

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko banjir Desa Sungai Purun Kecil, warga yang terdampak banjir sebanyak 344 KK dengan 1.376 jiwa sedangkan jumlah warga yang mengungsi sebanyak 114 orang yang terdiri 23 orang laki-laki, 49 orang perempuan, dan 42 orang anak-anak.

Peristiwa banjir di Desa Sungai Purun Kecil Kecamatan Sungai Pinyuh disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi dan aliran sungai yang sempit ditambah gorong-gorong tersumbat sehingga menghambat arus air mengalir yang mengakibatkan air meluap hingga menggenangi rumah warga.

Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi dan sempitnya aliran Sungai sehingga menyebabkan air meluap hingga masuk kerumah warga di Desa Sungai Purun Kecil.

Tidak menutup kemungkinan air Sungai akan meluap lagi apabila air laut mengalami pasang dan hujan susulan.

Selain memberikan bantuan, pihak Kepolisian juga melakukan koordinasi dan mengecek kesiapsiagaan pendistribusian Logistik bagi korban banjir.

IPDA Lidwina Paur Humas Polres Mempawah menyampaikan Kapolres berharap agar genangan air cepat surut, dan diharapkan para korban agar tabah menghadapi musibah ini. “Semoga bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban para korban bencana banjir,” tuturnya. *