LANDAK, metro7.co.id – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPRPERA) Kabupaten Landak berkoordinasi dengan BPJN XX Pontianak agar peningkatan atau pelebaran ruas jalan khususnya di Kecamatan Ngabang yang berada di dalam kota Ngabang.

Bahkan menurut Kabid BM Redi Suhendi, ST., ruas jalan Nasional Sidas-Tanjung khususnya jalan yang berada di dalam kota Ngabang tersebut saat ini sudah dilakukan untuk FS, Amdal dan Pembebasan Lahan oleh Pemda Landak sejak 2015.

“Kedepannya tentu ruas jalan Sidas-Tanjung memang salah satu ruas yg mendukung pelabuhan Kijing untuk arus distribusi barang maupun jasa ke wilayah utara seperti PLBN Entikong, Kab. Sanggau, Sekadau Sintang bahkan menuju ke wilayah tengah Kalimantan dari pelabuhan Internasional Kijing yang berada di Kabupaten Mempawah,” tegasnya, Senin (22/3) diruang kerjanya.

Saat ini lahan yang sudah dibebaskan guna mendukung pelebaran maupun peningkatan jalan nasional tersebut mulai dari depan MK sampai simpang KPU Kota Ngabang tepatnya di Pal 2.

Pemda Landak berharap agar Kementerian PUPR melalui Balai Jalan Nasional XX Pontianak agar progres tersebut bisa direalisasikan pada tahun 2022, selain itu daerah yang mengusulkan pelebaran termasuk Mempawah, Melawi, Sekadau. Namun karena Kabupaten Landak sudah mengusulkan sejak 2015 lebih agar lebih diutamakan.

“Apalagi Kabupaten Landak sudah menyiapkan Readinnes Criteria yang merupakan salah satu penunjang agar pelebaran jalan dalam kota Ngabang harapannya ada progres, “ujarnya.[]