KETAPANG, Metro7.co.id – Pembelajaran tatap muka di Kabupaten Ketapang yang rencananya dimulai 18 Januari 2021 ditunda. Penundaan dilakukan atas dasar pertimbangan naiknya kasus Covid-19.

“Proses belajar secara tatap muka 18 Januari ini tidak jadi dilaksanakan. Ditunda sampai tanggal 15 Februari 2021 mendatang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Ketapang, Jahilin, Minggu (17/1/2021).

Menurut dia, penundaan dilaksanakan sesuai dengan surat edaran Gubernur Kalimantan Barat serta beberapa pertimbangan lainnya. Di antaranya perkembangan Covid-19 di Ketapang yang kasusnya masih naik.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan menetapkan Satuan Pendidikan menurut status verbal yang dinyatakan siap melaksanakan belajar tatap muka.

Menyikapi penundaan itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Delta Pawan, Rosita menyatakan jika pihaknya tetap mengikuti instruksi dari Dinas Pendidikan Ketapang mengenai pelaksanaan jadwal belajar tatap muka.

“Iya, katanya kita diminta untuk mengikuti surat edaran Gubernur Kalbar yang mana pelaksanaan belajar tatap muka ditunda hingga 15 Februari mendatang,” ujar Rosita.

Dengan dasar itu pula, pihaknya juga telah menginformasikan ke seluruh wali murid melalui wali kelas siswa masing-masing untuk tetap melaksanakan proses Belajar Dari Rumah (BDR) hingga waktu yang telah ditentukan.

“Tanggapan wali murid, ya mau bagaimana tetap mengikuti. Tapi rencana kami yang akan menggelar belajar tatap muka, sekitar 95 persen wali murid setuju. Sekarang terpaksa ditunda lagi, kami sebagai pelaksana hanya mengikuti,” tuntasnya.