PONTIANAK, metro7.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), dr Harisson meresmikan Gedung Olahraga (Gor) Terpadu A Yani Pontianak, di Kawasan Gelora Khatulistiwa, Jalan A Yani Pontianak, Minggu (16/6) sore.

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama jajaran Forkopimda dan Gubernur Kalbar periode 2018 – 2023, H Sutarmidji.

Disaksikan para undangan, kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar, para pengurus cabang-cabang olahraga dan atlet, dilanjutkan dengan pemotongan pita dan peninjauan secara detail bangunan.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Kalbar mengatakan pembangunan Gor Terpadu ini terinspirasi dari penataan kembali kawasan Gelora Khatulistiwa yang dimulai sejak tahun 2021.

“Yang mana Pemerintah Provinsi Kalbar berupaya mengembalikan fungsi kawasan Gelora Khatulistiwa sebagai kawasan olahraga bagi masyarakat, sebagai komitmen dalam meningkatkan pelayananan kepada masyarakat melalui fasilitas olahraga yang lebih luas dan lengkap,” jelasnya.

Dikatakannya Gor Terpadu ini tidak hanya sebagai tempat latihan dan berkompetisi, namun juga dapat dimaksimalkan pemanfaatannya sebagai sport science.

Ia berharap, ilmu olahraga dapat dikembangkan dan diaplikasikan di sini, dan nantinya tempat ini dapat menjadi tempat pembinaan para atlet untuk meningkatkan prestasi.

“Dengan berdirinya Gor Terpadu ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan prestasi olahraga di Kalbar, serta menjadi fasilitas kebanggaan yang mendukung berbagai ajang olahraga bertaraf nasional maupun internasional, sebagai penopang peningkatan ekonomi masyarakat melalui industri olahraga,” katanya.

Disamping itu, Harisson menyebutkan bahwa keberadaan Gor Terpadu A Yani Pontianak dibangun sesuai dengan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Standar Sarana dan Prasarana Olahraga.

Dirinya meyakini, gedung yang dicanangkan pertama kali oleh Gubernur Kalbar Periode 2018-2023, H Sutarmidji pada tahun 2023 dengan menelan biaya hampir Rp52 miliar lebih ini mampu memberikan kenyamanan bagi para masyarakat yang hadir dan menyaksikan event – event nantinya.

“Melalui kesempatan ini atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari seluruh jajaran Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan Fasilitas Olahraga Type A di Kalimantan Barat”, tambahnya.

Pj Gubenur juga memastikan bahwa keberadaan gedung itu, dilengkapi dengan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas dengan tersedianya tribun khusus toilet dan fasilitas pendukung lainnya, serta didesain dengan tipikal gedung modern dan menampilkan kekhasan daerah melalui corak-corak etnis Kalimantan Barat,

Di akhir sambutannya, dirinya berharap nantinya Gor ini mampu menjadi rumah bagi setiap penyelenggaraan di bidang olahraga baik dari level nasional hingga internasional.

“Dalam beberapa hari ke depan, Gedung Olahraga Terpadu A Yani Pontianak akan mencatat sejarah pertama dengan diselenggarakannya Kejuaraan Bola Volly Putaran Kedua ProLiga Tahun 2024, dan ini tentunya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Barat untuk menjadi tuan rumah dan menyaksikan secara langsung event olahraga Nasional,” ujar Harisson.

Sebagai informasi, bangunan megah ini memiliki luas bangunan 4.620 M2, luas Ruang bawah tribun 2610.43 m2, luas tribun 2847.5 m2 dan luas area lapangan 2042.57 m2.

Luas lahan 14.000 M2, dilengkapi dengan fasilitas kursi sejumlah 4.115 seat, daya listrik 555 Kva, AC Arena + Tribun 40 unit x 10 Pk dan mampu menampung 4.000 sampai dengan 5.000 penonton.