SAMBAS, metro7.co.id – Vaksinasi Covid 19 untuk Kabupaten Sambas, direncanakan dilangsungkan pada Februari 2021. Di Januari, untuk di Provinsi Kalimantan Barat ditahap pertama Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dr Fatah Maryunani mengatakan, pihaknya mendapatkan kabar dari provinsi jika alokasi pendistribusian vaksin Covid-19 di Kalimantan Barat, untuk tahap pertama di Januari ini hanya Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah.

“Kabupaten dan kota lain di Provinsi Kalimantan Barat, termasuk Kabupaten Sambas sesuai arahan provinsi yang lain menyusul di Februari,” kata Fatah Maryunani, Senin 11 Januari 2021.

Ditambahkannya, semua ini sudah menjadi keputusan dari pihak provinsi. Kalau berbicara kesiapan, Kabupaten Sambas sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi.

“Kan sebagai daerah cuma bisa menunggu,” katanya. Mengenai siapa yang divaksin nantinya, sebut Fatah tetap diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan. “Target 2.000 lebih vaksin untuk Kabupaten Sambas, cuma berapa vaksin yang dikirim nanti menunggu dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat,” kataya.

Sementara itu disampaikan Fatah, menindak lanjuti surat dari Dirjen P2 Kementerian Kesehatan tentang Distribusi dan Rencana Pelaksanaan vaksinasi Covid-19, distribusi termin pertama dilaksanakan pada Januari 2021 akan diserahkan ke Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah. *