SANGGAU, metro7.co.id PMI Sanggau terus mengupayakan penambahan stok darah, meskipun saat ini sudah dipastikan aman.

Kepala UDD PMI Sanggau dr Yuliana Yuli Exlasia, melalui Sub Administrasi Rudiansyah mengatakan, stok yang tersedia di PMI Sanggau meliputi golongan A sebanyak 10 kantong, B 13 kantong, O 41 kantong, dan AB 5 kantong. Dengan demikian, stok darah dinyatakan aman.

Diungkapkan Rudiansyah, stok darah tersebut didapatkan dari acara donor darah pada Hari Donor Darah beberapa waktu lalu.

“Ada kegiatan donor darah yang di dalamnya PMI Sanggau memberikan hadiah voucher belanja bagi para pendonor baru-baru ini. Walau stok darah yang PMI Sanggau miliki dalam status aman, kita akan terus berupaya agar stok darah di PMI Sanggau tetap ada,” katanya, Sabtu (19/6/2021).

Selain itu, PMI Sanggau pada Senin (21/6/2021) nanti akan kembali melakukan kegiatan donor darah di dua tempat yang berbeda, Markas Polres Sanggau dan kantor Dinas Pariwisata Sanggau.

Menurut Rudiansyah, kegiatan donor darah tersebut bertujuan untuk mengantisipasi persediaan stok darah agar tetap ada dan siap dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. 

“Karena bukan cuma Sanggau yang butuh stok darah. Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Landak juga terkadang meminta stok darah dari PMI Sanggau,” ujar Rudiansyah lagi.

Rudiansyah berharap, masyarakat Kabupaten Sanggau terus berpartisipasi dalam menyumbangkan darahnya demi menjaga stok darah di PMI Sanggau tetap ada.

“Agar bisa membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah,” ujarnya.[]