SINGKAWANG, metro7.co.id – Proses pembangunan promenade sekitar 200 lebih meter ditepian Sungai Kuala Dua, Kelurahan Kuala, Kecamatan Singkawang Barat masih terus berlangsung. Anggota DPRD dari Komisi III dan Komisi II Singkawang melakukan peninjauan ke lokasi, Senin (14/12/2020).

Peninjauan kali ini dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Herri Kin bersama sejumlah Angggota DPRD Kota Singkawang.

Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, HerryKin mengingatkan dirinya sangat mengapresiasi kepada Pemkot yang telah memberikan dana untuk pembangunan turap dan promenade yang diharapkan nantinya akan menambah kecantikan dan keindahan Kota Singkawang tercinta ini.

Wakil Ketua DPRD Herry Kin mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari warga sekitar yang sempat dilarang memotret mau pun mengambil video proses pembangunan turap dan promenade tersebut.

“Oleh karena itu, kami langsung terjun langsung meninjau kelapangan,” kata Herry Kin.

Dia berpendapat berdasarkan Undang-Undang KIP (Keterbukaan Informasi Publik) menyatakan sah-sah saja warga melakukan pengawasan atau melihat langsung ke lokasi tersebut, sehingga menurutnya tidak ada masalah apabila masyarakat terlibat akif memperhatikan proses pengerjaan proyek tersebut.

Selain itu, dia juga menerima keluhan dari beberapa warga yang khawatir banjir dibelakang rumah mereka, pasalnya promenade tersebut lebih tinggi dari lantai rumah mereka.

“Dari keluhan ini, kami DPRD Kota Singkawang meminta kepada kontraktor untuk memperhatikan warga sekitar dengan memberikan jalan keluar air sehingga tidak menggenangi rumah warga,” katanya.

Selain keluhan dari warga, dari hasil peninjauannya, Herry Kin juga mempertanyakan terkait penerapan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) kepada para pekerja. Pasalnya, saat dilihat lapangan, dia mendapati sebagian para pekerja tidak menggunakan helm proyek dan rompi.

“K3 ini kan sangat penting untuk menunjang keselamatan pekerja, alat-alat seperti helm itu kan bukan hanya atribut penghias saja loh,” kata Herry Kin. ***