SINGKAWANG, metro,co.id – Kalau kalian ingin melihat kawasan pantai dan pemandangan Kota Singkawang bisa langsung dapat dilihat keatasan Puncak Bukit Rindu Alam Singkawang.

Ketinggian Puncak Bukit Rindu Alam dari ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Hawa dingin langsung menyergap kita jika sudah sampai di Puncak Bukit Rindu Alam. Dari atas bukit inilah disisi Barat kita melihat indahnya pantai Pasir Panjang, Pantai Tanjung Gondol dan lautan yang luas. Di sebelah Timur kita melihat kota Singkawang dan tentu saja lautan luas dan biru.

Disaat waktu hari libur masih banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah, baik dari wisatawan lokal maupun dan wisatawan luar daerah.

“Saya dan teman-teman sangat merasakan segar dan bisa melihat langsung pemandangan dari atas Puncak Bukit Rindu Alam,” kata Hendra salah satu pengunjung Puncak Bukit Rindu Alam.

Mereka datang ke kesini sangat penasaran dengan pemandangan di atas Puncak Bukit Rindu Alam. “Dari salah satu dari kami berasal dari Semarang,” kata Hendra.

Disekeliling Puncak Bukit Rindu Alam terdapat pepohonan yang menambah segarnya udara. Disini disediakan gazebo untuk istirahat santai menikmati alam, hutan dan laut Natuna. Anda bisa membawa makanan dan minuman untuk dinikmati (dikawasan Rindu Alam belum ada yang menjual makanan).

Yang paling indah adalah menyaksikan matahari terbenam di senja hari. Paduan warna-warni merah, putih, kuning, ungu benar-benar bak lukisan abstrak nan menakjubkan. Anda bisa berfoto dengan latar belakang matahari terbenam, seolah memegang mentari yang pulang keperaduannya.

Rindu Alam biasa disebut juga Tanjung Bajau. Tanjung Bajau merupakan kawasan semenanjung dengan bebatuan dan pasir yang menghubungkan Pantai Pasir Panjang, Palm Beach, pantai Pasir Pendek dan Sinka Island Park.

Di kawasan wisata pantai Tanjung Bajau terdapat beberapa permainan air yang menarik untuk di coba. Beberapa patung hewan laut juga menjadi penghias yang membuat suasana pantai berkesan alami dan ramai. Ombak di pantai ini sangat bersahabat sehingga aman bagi anak-anak untuk bermain dan berenang. Bebatuan yang berjajar hingga cukup jauh ke laut juga tak kalah membuat tempat ini menjadi menarik.

Untuk menuju kawasan ini sangat mudah. Dari jalan raya Pontianak-Singkawang, masuk dari samping di kawasan wisata Pasir Panjang dan Palm Beach, menyusuri jalanan beraspal dan tumbuh sejauh 18 kilometer, kita akan sampai ke puncak bukit. Lokasi Rindu Alam terletak diantara Gunung Bajau, Gunung kota dan Gunung Pelapis.

Banyak obyek wisata di kawasan ini. Yakni kebun binatatang (sinka zoo), Rindu Alam, Wahana Ikan (ikan-ikan laut dan sungai dalam kotak-kota kaca) dan pantai. Kebun binatang di sini memuaskan kerinduang kita akan dunia binatang. Mulai dari ratusan jenis burung (termasuk burung khas Kalimantan, burung enggang), aneka jenis ular (ada sanca batik ratusan kilogram perekor, sanca putih; king kobra, dll), aneke jenis biawak, ada singa, macan, buaya, rusa, dan yang terbesar gajah, ada juga ratusan burung merpati yang dibiarkan berkeliaran dan puluhan monyet yang juga bebas di hutan.

Kawasan wisata ini buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Karena beragamnya obyek wisata yang ada, jika ingin ke komplek wisata ini yang terbaik mulai dari pagi sehingga puas menikmati obyek-obyek wisata yang ada. ****