SINGKAWANG, metro7,co.id – Pelantikan dan Pengukuhan Pemuda Dayak Kota Singkawang yang diadakan Gedung Serba Guna Pavilion, Jalan P. Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Singkawang Barat, Minggu(8/11/2020), langsung ambil kegiatan pengambilan sumpah janji masa bakti 2020-2025.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, Dandim 1202/Skw, Letkol Inf Condro Edi Wibowo, Ketua Pemuda Dayak Provinsi Kalimantan Barat, Hendra Darwilias, Ketua Dewan Adat Dayak Kota Singkawang Stepanus, anggota DPRD, para Tokoh Adat Dayak, Ketua dan Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu, Plt. Ketua dan Pengurus Majelis Adat Budaya Tionghoa, pengurus Lembaga Adat dan sesepuh serta tamu undangan lainnya.

Ketua Pemuda Dayak Provinsi Kalbar, Hendra Darwilias usai acara Pengukuhan dan Pelantikan menyampaikan harapan kepada seluruh Dewan Pengurus Pemuda Dayak Kota Singkawang yang sudah dilantik untuk dapat segera melakukan kerja nyata, sehingga program yang telah ditetapkan dalam organisasi dapat dilaksanakan.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, Dandim 1202/Skw, Letkol Inf Condro Edi Wibowo, para anggota DPRD, para Ketua dan Pengurus Majelis Adat Budaya, serta para sesepuh dan tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara Pelantikan.

“Saya mengucapkan selamat kepada Ketua dan segenap pengurus Pemuda Dayak Kota Singkawang periode 2020-2025 yang telah dikukuhkan. Saya yakin dan percaya rekan-rekan Pengurus Pemuda Dayak Kota Singkawang adalah Pemuda yang berkualiatas, bertanggung jawab, memiliki kemampuan dan etos kerja, memiliki potensi diri sehingga dapat mengembangkan sosial masyarakat dan SDM yang ada pada diri generasi Pemuda Dayak itu sendiri.Segera lakukan rapat kerja, sehingga program-program yang telah ditetapkan, dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya

Ketua Dewan Adat Dayak Kota Singkawang Stefanus Panus menyampaikan pesan kepada Dewan Pengurus Pemuda Dayak Kota Singkawang yang telah dilantik untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya Dayak, bersikap santun, kompak dan bersatu dalam mengembangkan potensi diri masyarakat Dayak yang bermartabat, dan harus mencerminkan seorang pemuda harapan bangsa.

“Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata”, Pemuda adalah harapan bangsa.Untuk itu saya mengharapkan kepada Ketua dan seluruh Pengurus Pemuda Dayak agar selalu kompak, bersatu dan bersemangat dalam melestarikan nilai-nilai adat dan budaya dayak yang santun, bermartabat dan Beradat,” kata Stepanus

Acara Pengukuhan dan Pelantikan Dewan Pengurus Pemuda Dayak akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2020, sebagai memperingati hari Sumpah Pemuda. Namun kegiatan tersebut tidak jadi dilaksanakan dan kita gelar pada tanggal 8 November 2020 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ketua Pemuda Dayak Kota Singkawang, saudara Yoris.Kebetulan PDKS lahir dibulan November yang kita peringati sebagai hari Pahlawan, maka nilai-nilai Sumpah Pemuda dan hari Pahlawan harus dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan Bernegara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Saya mengharapkan seluruh pengurus PDKS untuk selalu kompak dan bersatu menjalin hubungan yang harmonis antara semua etnis di Kota Singkawang, terus aktif menjaga, ketertiban, toleransi, dan keharmonisan dalam mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif,” kata Stepanus Panus.

Sementara itu, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie berharap setelah dilantik dan dikukuhkan pengurus Pemuda Dayak Kota Singkawang dapat menjadi wadah pemersatu dalam menggali potensi dan sumber daya masyarakat serta generasi Dayak dalam mendukung program pembangunan Pemrintah Kota Singkawang kedepannya.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Singkawang mengucapkan selamat dan sukses atas dikukuhkan dan dilantiknya Pengurus Pemuda Dayak Kota Singkawang masa bakti 2020-2025. Tentu kita berharap kedepannya, keberadaan PDKS ini tidak sekadar organisasi semata, tetapi yang terpenting dapat memberikan kontribusi dan manfaat,serta kebaikan bagi masyarakat Singkawang maupun bagi masyarakat Dayak itu sendiri. Melalui Organisasi ini juga kita harapkan bisa saling bersinergi dalam mendukung dan memajukan program kerja Pemerintah, serta saling membantu satu sama lain yang membutuhkan,” kata Tjhai Chui Mie. **