KUBU RAYA, metro7.co.id – Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Barat I, H. Syarief Abdullah Alkadrie, SH.,MH meninjau secara langsung realisasi pelaksanaan program padat karya di desa sungai rengas, Kamis (5/8/2021).

 

Kedatangannya juga menggandeng secara langsung kepala bidang PUPR Kuburaya juga hadir pendaping fasilitator kelompok KSM swadaya masyarakat sungai rengas, Pengasuh pondok pesantren Annur serta kepala desa sungai rengas.

 

Agenda kunjungannya ini juga dalam rangka  kunjungan reses dan sekaligus monitoring Program berbasis padat karya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang di alokasikan di kecamatan sungai kakap di pondok pesantren An-Nur.

 

Kepala desa sungai rengas menyambut baik dengan adanya program sanitasi perdesaan (sandes) padat karya yang sudah masuk. Sebab program tersebut bisa membantu masyarakat yang masih belum mempunyai akses sanitasi dan juga menyediakan prasarana dan sarana yang berkualitas, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yang bersih.

 

Tak hanya itu pimpinan dari komisi V DPR RI dikesempatan itu juga meninjau secara langsung realisasi  dari program padat karya yang sudah selesai dikerjakan dan bisa membawa manfaat untuk masyarakat seperti program bak Penampungan air ABSAH dan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya BSPS.

 

“alhamdulillah yang mana Program ini merupakan aspirasi bapak syarief abdullah Program yang sekaligus juga membawa bedah rumah di sungai Regas yang ke Tiga kalinya dan tahun ini juga mendapatkan bedah rumah beliau yang mengaspirasikan pak wakil ketua komisi V DPR RI dan sekarang masyarakat bertemu langsung yang telah memperjuangkan BSPS  juga memberikan sandes  di desa sungai rengas” ujar kepala desa itu.

 

Selain itu di tahun ini juga di desa sungai rengas, juga mendapatkan program bak penampungan Air bersih ABSAH dan ada dua tempat yang sudah di alokasikan.

 

“Kita bersyukur di desa sungai rengas ini mendapatkan sandes tak banyak di kakap ada empat desa yang mendapatkan Program sandes untuk di kecamatan sungai kakap dan nantinya Program ini bisa berlanjut dan bergulir untuk desa desa yang mengharapakan yang memang sangat bermanfaat untuk masyarakat” terangnya.

 

“saya sangat terbantu sejauh ini tidak susah memiliki orang pusat selalu berbuat kita doakan beliau mudah mudah karirnya semakin cemerlang dan di berikan kesehatan dan semoga bisa diperjuangkan apa yang kita butuhkan” tambahnya.

 

Selain itu Kunjungan Wakil ketua komisi V DPR RI itu juga membuka kegiatan sosialisasi sanitasi perdesaan padat karya pemulihan ekonomi nasional tahun anggaran 2021. Melalui program sanitas perdesaan ini diharapkan masyarakat untuk mengatasi tempat pembuangan air kecil atau air besar dalam rangka menurunkan angka stunting.

 

“Saya kira kaitan Program ini tentu berharap bisa  dimanfaatkan dengan sebenarnya dan juga meminta para kepala desa terus mengawasi sesuai dengan apa yang sudah ditentukan dan juga di tangani secara proposional” katanya.

  

Menurutnya program aspirasi yang dikawalnya terbatas sehingga untuk di kecamatan kakap itu sendiri terdiri ada 4 desa yang memenuhi kriteria sebagai desa stunting sesuai dengan data dari kabupaten dan mendapatkan program sanitasi desa dan juga Kemarin melakukan sosialisasi di desa punggur kecil, punggur besar dan tanjung saleh berkaitan dengan kriteria desa yang sunting.

 

“kita berharap masyarakat kedepan tidak terjajah dengan pola hidup yang kurang baik sehingga dengan program dari Kementerian PUPR ini bisa menciptakan lingkungan yang sehat tidak merusak lingkungan” terangnya.

 

Legislator kalimantan barat itu berharap untuk di buat secara permanen sehingga ad kesingkronan dengan program  BSPS.

 

“singkronisasi dengan sandes untuk membantu masyarakat yang masih belum sempurna jadi ini program ini harapannya tetap berjalan terus karena sangat bermanfaat untuk masyarakat dan Program sandes sebuah solusi untuk meningkatan hidup yang layak” pungkasnya.