TAMIANG LAYANG, metro7.co id – Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur (Bartim), melalui  Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar pelatihan Penerapan Nilai Dasar dan Jati Diri Koperasi Tahun 2021 di Gedung Tenis Indoor Tamiang Layang, Selasa (18/5/2021).

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas dalam kesempatan itu  mengatakan bahwa sebagai lembaga bisnis berbasis anggota hendaknya koperasi konsisten mempertahankan jati diri dalam menghadapi kekuatan ekonomi berbasis modal.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar mereka bisa mempertahankan jati diri koperasi sebagai lembaga bisnis berbasis anggota ini harus memberikan ruang yang luas dalam menfungsikan anggota sebagai pemilik dan pemodalnya.

Orang nomor satu di Barito Timur ini menambahkan,  saat ini berbagai tantangan muncul dan harus dihadapi dengan kematangan jati diri sehingga membuat koperasi mampu menunjukkan daya saing dengan lembaga lainnya serta menjadi pelopor penggerak perekonomian di tengah Pandemi Covid-19 ini.

Dirinya berharap melalui pelatihan ini nantinya ada kesamaan pemahaman nilai dasar dan jati diri antara pengurus dan anggota sehingga ada keserasian dalam melaksanakan kegiatan bisnis yang harmonis demi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan para anggota.

“Semoga dengan dilakukanya pelatihan ini, koperasi koperasi di Barito Timur semakin berkembang dan maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Timur Kariato  mengatakan bahwa jumlah peserta dalam pelatihan ini ada sebanyak 70 peserta dari 35 koperasi yang ada di Barito Timur.

“Pelatihanya dilaksanakan selama 6 hari. Narasumbernya dari universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Semoga dengan adanya pelatihan ini koperasi di Barito Timur semakin berkembang,” pungkasnya. ***