•  Bentuk Kepedulian Terhadap Sanitasi Lingkungan
Ernan Kurnianto – Pimpinan Seksi Pt Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang
Tamiang Layang – Kiprah Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang tidak sekadar memainkan bisnis keuangan berbasis kemasyarakatan, tapi juga peduli dengan sanitasi dan kebersihan lingkungan. Pada puncak Hari Jadi Bank Kalteng belum lama tadi, puluhan tong sampah disumbangkan kepada Pemkab Bartim untuk membantu pemerintah daerah menanggulangi permasalahan sampah.
Kali ini, Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang kembali membangun fasilitas mandi dan cuci untuk masyarakat. Beberapa desa di Kabupaten Bartim mendapatkan bantuan fasilitas sanitasi tersebut. Antara lain di Desa Dorong, Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang membangun fasilitas mandi cuci dan merehab bangunan yang lama.
Hal serupa juga dilakukan di Desa Jaar, bank asli banua Kalteng ini telah membangun tempat mandi dan cuci. Sedangkan di Desa Dayu saat ini masih dalam pengerjaan rehab bangunan lama. Sedangkan di Desa Kupang Baru dilakukan perbaikan fasilitas itu.
Sementara di Simpang Bangkuang dilakukan pembangunan yang baru dan juga melakukan rehab bangunan lama, serta Desa Patung fasilitas mandi cuci itu dilakukan perbaikan. Seluruh penegerjaan pembangunan fasilitas tempat mandi dan cuci yang baru, serta berstatus rehab itu akan rampung sebelum tutup tahun 2012 ini.
Semua bangunan memiliki ukuran yang sama, yakni 140 cm x 400 cm per unit dengan material kayu ulin. Anggaran per unit, Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang memberikan bantuan Rp5 juta. Kepala Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang Yulianson S.Mn melalui Pimpinan Seksi (Pinsi) Ernan Kurnianto mengharapkan, bangunan berupa fasilitas tempat mandi dan cuci itu dapat digunakan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya.
Bangunan itu untuk kepentingan masyarakat. Karena itu, Ernan meminta agar bantuan dari Bank Kalteng itu dapat dirawat dan dipelihara, serta dijaga. Bank Kalteng terus meningkatkan kepedulian kepada masyarakat dan membantu mendukung program dari pemerintah daerah.
Tahun depan, Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang berencana melakukan aksi sosial berupa sunatan massal kepada anak-anak. Kegiatan sosial ini pernah dilakukan pada 2011 lalu, namun pada 2012 ini Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang memberikan bantuan berupa tong sampah, paket bahan pokok untuk petugas kebersihan, dan pembangunan fasilitas mandi cuci untuk masyarakat. “Ini bentuk kepedulin Bank Kalteng kepada masyarakat, mudah-mudahan bermanfaat dan berguna,” kata Ernan. (Metro7/M. Jaya)