TAMIANG LAYANG, metro7.co.id –  Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar Apel Kesiapsiagaan Personil dan Sarana Prasarana (Sapras), dihalaman kantor Bupati setempat, Kamis (04/03/2021).

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Bartim, Ampera AY Mebas tersebut bertujuan
atau dalam rangka penanggulangan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diwilayah setempat.

Apel kesiapsiagaan tersebut di ikuti oleh TNI / Polri, Damkar,  dan Pol PP, BPBD dan lainya.

Bupati Ampera dalam sambutanya menyampaikan  baahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat membantu dalam penanggulangan bencana alam terutama Karhutla, seperti penggunaan tehnologi yang dilakukan BMKG, baik dalam memperkirakan cuaca maupun dalam merekam titik hotspot.

Melalui apel gelar pasukan dalam rangka penanggulangan Karhutla yang dilaksanakan pada hari ini, Bupati Ampera berharap bisa menjadi sarana dalam menyamakan langkah dan menyatukan tekad bahu membahu dalam penanggulangan bahaya Karhutla.

Menurutnya, penanggulangan hutan dan lahan dilakukan melalui upaya preventif aktif berupa penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bersinergi dengan mengerahkan para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan BPBD serta aparat pemerintah maupun masyarakat peduli api dimasing-masing wilayah menjadi upaya cegah dini terhadap kemungkinan bahaya kebakaran hutan dan lahan.

“Keberhasilan dalam melaksanakan pencegahan bencana Karhutla yang melibatkan kesigapan seluruh personel TNI Polri, BPBD, aparat pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat harus diikuti dengan penyusunan rencana aksi nyata dilapangan. Semoga di Kabupaten yang kita cintai ini tidak terjadi bencana alam,” pungkasnya.*