TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Istiqomah keluhkan tumpukan sampah didekat pagar ruang kelas IPA 1.

Menurut Istiqomah, sampah tersebut dinilai sangat mengganggu kegiatan belajar-mengajar karena bau tak sedap dari aroma sampah tersebut.

“Saya harap tempat sampah itu dipindahkan dari situ. Apalagi kami lagi mempersiapkan pembelajaran tatap muka, tentu sangat menggangu proses belajar mengajar nantinya,” tegasnya, Kamis (6/1/2022).

Apalagi, jelasnya, terkadang ada sebagian masyarakat yang membuang sampah langsung didekat pagar sekolah, tentu aroma sampah itu semakin jelas tercium.

“Kami harap pihak terkait bisa memindahkan tempat sampah itu jauh dari pagar sekolah kami,” harapnya.

Sementara itu, Farida seorang guru disekolah ini mengungkapkan bahwa  bau sampah yang menyengat tersebut memang sangat menganggu konsentrasi anak- anak saat menerima pembelajaran.

“Bahkan kami para guru pun merasakan ketidaknyamanan saat memberikan pelajaran. Karena bau tersebut, kami menjadi kurang konsen,” ucapnya.

Farida mengingatkan, keberadaan sampah yang menumpuk di dekat lingkungan pemukiman penduduk dan sekolah ini pada akhirnya bisa menjadi sumber penyakit.

“Apalagi dimasa pendemi ini, tentunya dikhawatirkan mendatangkan penyakit lain. Juga merusak keindahan lingkungan saat sampah-sampah seperti pampes dibawa binatang yang pada akhirnya menimbulkan sampah berserakan di mana-mana,” pungkasnya.