TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Barito Timur (Bartim) Polda Provinsi Kalimantan Tengah, menggelar Launching Armada Keliling Khusus Pelayanan Perpanjangan Sim di Wilayah Barito Timur. Selasa, 19 Januari 2021.

Armada Pelayanan SIM Keliling tersebut berupa Bis yang nanti akan dijadwalkan untuk keliling melakukan pelayanan di Bartim Guna mempermudah masyarakat untuk melakukan perpanjangan SIM C dan SIM A.

Kapolres Bartim AKBP Afandi Eka Putra  melalui Kasat Lantas Iptu H. Sugeng  mengatakan mekanisme nya jika ingin pembuatan SIM baru harus dengan syarat lulus Uji Praktek di Polres Bartim.

“Untuk Pelayanan SIM Keliling ini hanya melayani perpanjangan SIM,bukan pembuatan SIM baru,” jelasnya

Sedangkan untuk penerbitan SIM sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian Republik Indonesia.

“Biaya Administrasi di Bartim untuk Perpanjangan SIM C Rp.75.000,-  dan SIM A Rp.80.000,- itu diluar kesehatan dan psikologi karna itu bagian terpisah dari pelayanan kami,” ucapnya.

Iptu H. Sugeng juga menambahkan dengan adanya pelayanan perpanjangan SIM keliling ini semoga dapat mempermudah masyarakat dalam perpanjangan SIM C dan SIM A, Sedangkan untuk pembuatan SIM B ke atas mekanisme nya yaitu harus lulus Simulator.

“Untuk wilayah Bartim Pembuatan SIM B ke atas zonanya ikut zona Barito Utara (Barut) karna mekanisme seperti itu,jika persyaratan sudah lengkap dilakukan di Barut untuk SIM B ke atas kita bisa lakukan pencetakan di Bartim dan langsung cetak di Barut juga bisa,” jelas Sugeng

Lanjutnya, untuk Armada Pelayanan Keliling nanti semoga masyarakat yang tempat tinggal nya jauh dari Polres bisa melakukan perpanjangan di titik lokasi pelayanan keliling terdekat nantinya.

“Seperti di Ampah di Pematang Karau dan tempat – tempat lainnya yang memang menjadi titik pelayanan keliling nanti,” imbuhnya.

Sedikit banyaknya ini bisa mempermudah dan membantu masyarakat Bartim apalagi kita saat ini masih dalam kondisi menghadapi pandemi Covid-19 seperti ini.

“Dan nanti juga bisa mengurangi kerumunan yang ada dan yang terpenting masyarakat diharapkan tetap tertib lalu lintas agar menghindari adanya kecelakaan,” pungkasnya. *