TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMD-Sosial) Kabupaten Barito Timur Bartim), Ir Barnusa secara resmi membuka
pelatihan Pamsimas bagi aparatur desa dan kecamatan di Aula Hotel Ade Tamiang Layang, Rabu (29/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Barnusa berharap kepada semua peserta pelatihan agar bersungguh sungguh dalam mengikuti kegiatan.

“Peserta saya imbau agar benar benar serius, sehingga ilmunya bisa diterapkan didesa,”harapnya.

Disisi lain, Barnusa juga mengharapkan aset seperti Pamsimas yang sudah ada di desa dan kecamatan agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

“Saya berharap aparat desa dan kecamatan yang sudah memiliki aset Pamsimas bisa mengelola  dengan baik, sehingga bisa berjalan maksimal dan ada manfaatnya bagi masyarakat,” ucapnya.

Barnusa menuturkan, selama ini kelemahan Pamsimas di desa terletak pada pengelolaan, jadi sangat penting memberikan pelatihan dan edukasi kepada pengelola Pamsimas itu senidiri.Harus mengerti pengelolaannya, seperti pipa dan peralatannya lainnya.

“Sekali lagi saya harap dengan adanya pelatihan ini, Pamsimas bisa dikelola dengan baik, sehingga berdampak positif bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Zain Rahman selaku Koordinator Kabupaten Pamsimas III, mengatan bahwa peserta yang hadir ada sebanyak 53 orang dari 66 orang yang terdata.”Pelaksanaanya dua hari, dan peserta juga dibagi dua. Ada yang di hotel Indra Jaya dan sebagian lagi di Hotel Ade,” katanya.

Perlu diketahui, pelaksanan pelatihan Pamsimas menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sebelum masuk para peserta harus di Swab Antigen terlebih dahulu.***