TAMIANG LAYANG – Untuk memastikan kesiapan petugas dan posko dilapangan, Sekda Barito Timur, Eskop memantau Posko Covid-19 di titik perbatasan seperti di Desa Banyu Landas kecamatan Benua Lima, Rabu 1 April 2020.

“Posko tersebut tujuanya untuk screening dan pengecekan kesehatan bagi warga yang masuk ke Barito Timur. Mereka akan di periksa dengan temoscan atau alat untuk mencek suhu tubuh, apabila saat dicek suhu tubuhnya melebihi, maka yang bersangkutan akan diperiksa dan diisolasi di BLUD Tamiang Layang,” ucap Eskop.

Eskop yang juga Ketua Tim Gugus Tugas covid-19 kabupaten Barito Timur mengatakan, diposko tersebut pihaknya menyediakan bilik disenfektan dan tempat cuci tangan.

Eskop berharap, posko-posko tersebut dapat dioptimalkan untuk pengecekan kesehatan masyarakat Bartim yang baru datang dari luar daerah dan juga untuk edukasi pencegahan virus Covid-19.

”Kami melakukan operasi pembatasan dalam arti melakukan sterilisasi warga yang baru masuk ke Bartim dengan disemprot disinfektan. Penumpang kami minta turun dari kendaraan untuk dicek kesehatannya,” jelasnya.

Eskop menambahkan, Posko tersebut ditempatkan petugas dari pihak kesehatan, TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

“Posko ini buka 24 jam nonstop, mereka akan menempati posko tersebut bergantian. masing masing petugas menggunakan ship, sehari 3 ship,” imbuhnya.

Sekda Eskop berpesan kepada para petugas agar menjaga kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas.(metro7/budi).