TAMIANG LAYANG- Hampir satu bulan lebih sudah, Desa Kalinapu Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur, terendam banjir banyak rumah warga yang tergenang air, sehingga masyarakat pun banyak yang tidak bisa beraktifitas, karena Desa nya dilanda banjir.
Hal ini diungkapkan Kepala Desa Kalinapu Yasman S, ketika ditemui Metro7 di kediamannya beluma lama tadi, mengatakan memang Desa Kalinapu hampir setiap tahun menjadi langganan banjir, apalagi pada saat ini musim hujan turun sehingga luapan air di sungai Das Barito naik dan air tidak bisa turun dan mengakibatkan banyaknya rumah warga yang tergenang air. 
“Maka dari itu lah diharapkan adanya perhatian dari Pemerintah Daerah maupun dinas teknis yang berwenang dan pihak lainnya untuk menanggulangi banjir yang melanda di Desa Kalinapu pada saat ini, kami pun pada saat ini melakukan gontong royong bersama dengan warga setempat untuk membuat titian atau sejenis wantilan yang terbuat dari kayu untuk bisa ditempati karena rumah warga banyak yang tergenang air karena genangan air sangat tinggi,”ucap Yasman.
Dia juga berharap adanya perhatian pemerintah terhadap hal ini, dan secepatnya melakukan penanggulangan maupun menyalurkan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah banjir. memang Desa Kalinapu salah satu daerah pinggiran sungai Barito dan salah satu menjadi langganan banjir hampir setiap tahunnya.
Maka untuk menghindari hal tersebut dia berencana untuk mengusulkan kepada Pemerintah Daerah agar dibuatkan transmigrasi lokal bagi warga Desa Kalinapu agar saat musim banjir datang warga tidak lagi kalang kabut untuk membuat penampungan darurat karena warga bisa mengungsi ke transmigrasi lokal tersebut selama musim banjir datang, pungkas Yasman. (ali/rul/metro7)