TAMIANG LAYANG, metro7.co.id –  Kapolsek Pematang Karau Polres Bartim, Ipda Rochman Hakim mengecek secara langsung kesiapan Desa Ketab dan Nagaleah Kecamatan Pematang Karau untuk dijadikan sebagai kampung tangguh Covid-19, di Kecamatan setempat.

“Kami mengecek seberapa siap desa ini menghadapi pandemi yang saat ini terjadi, meneliti satu demi satu kesiapan yang sudah disediakan Pemerintah Desa (Pemdes) Ketab seperti lumbung pangan, masalah kebakaran dan penanganan Covid 19,” ucapnya, Senin 23 November 2020.

Selain Desa Ketab, pihaknya juga menyiapkan atau mencanangkan Desa Nagaleah juga untuk dijadikan kampung tangguh.

Dari hasil pemantauannya, Kapolsek pun membeberkan bahwa Desa Ketab dan Nagaleah sudah sangat siap untuk menjadi pilot utama kampung tangguh, baik dari segi personel, maupun dari segi fasilitas yang ada.

Ia menjelaskan, kenapa desa Ketab dan desa Nagaleah yang dipilih sebagai kampung tangguh, tidak desa yang lain saja.

Ia menilai dua desa tersebut sudah terbukti untuk pencegahan Covid 19 dan pencegahan karhutla serta ketahanan pangan.

Menurutnya, diwilayah dua desa tersebut tahun ini tidak terjadi kebakaran, tidak ada kasus Covid 19 dan ketahanan panganya juga siap.

“Kampung Tangguh Dua Desa tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk mengahadapi Covid-19 saja, tetapi juga diperuntukkan untuk menghadapi permasalahan-permasalahan di kampung, semisal pencegahan karhutla,  keamanan dan sosial. Jadi tim ini nanti yang akan menangani permasalahan tersebut di tahap awal dengan orientasi problem Covid-19,” pungkasnya.***