Foto Bersama Kabig Humas Mabes Polri Brigjen M. Taufik saat mengikuti kegiatan Munas SPRI di Jakarta
TAMIANG LAYANG –Pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) SPRI mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga SPRI Bab IX Pasal 13 Ayat 1 s/d 5 yaitu dengan memperhatikan surat keputusan DPP SPRI Nomor : SKEP/001/Munas SPRI/IX/2012, yang diselenggarakan pada tanggal 07 s/d 08 September 2012 yang bertempat di Hotel Jayakarta, Jakarta.
Sehingga maksud dan tujuan Munas SPRI ini adalah untuk memenuhi ketentuan anggaran dasar SPRI Bab IX pasal 13 Ayat 1 s/d 5, dengan memantapkan konsolidasi organisasi dan program organisasi agar SPRI dapat memberikan kontribusi di dalam mengisi pembangunan Nasional khususnya di sektor informasi dan di bidang pembinaan Pers di Indonesia, sehingga dengan Tema ¬melalui Munas SPRI 2012 ini mari kita mantapkan peran Pers dalam mengisi pembangunan Bangsa Indonesia di tanah air ini.
Dalam pembukaan kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) SPRI yang dihadiri Kabid Humas Mabes Polri Brigjen M. Taufik, serta pimpinan pusat Front Betawi Bersatu (FBB) H. Amirulloh HAG dan para undangan pengurus DPP, DPD dan DPC SPRI se- Indonesia yang telah hadir dalam kegiatan Munas SPRI tersebut.
“Selain itu juga Dalam sambutannya Brigjen M. Taufik yang mewakilan Kapolri mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan Munas SPRI ini, agar dalam memilih pemimpin DPP SPRI secara Demokrasi sesuai dengan hasil kegiatan Munas tersebut, sehingga kedepannya kegiatan Munas SPRI ini dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan Nasional sesuai dengan kemajuan zaman pada saat ini. M. Taufik juga diakhir sambutan nya membuka secara resmi kegiatan Munas SPRI ini”.
Selain itu ketua umum SPRI Pusat periode 2007 – 2012 Zeth A. Marentek dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Serikat Pers Republik Indonesia SPRI ini, dan ini semua berkat partisipasi dan dukungan dari Pemerintah Pusat serta pengurus DPP, DPD dan DPC SPRI se Indonesia yang turut serta hadir memberikan pemikiran dan gagasan untuk SPRI kedepan, sehingga nantinya organisasi SPRI dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan Nasional maupun daerah.
Zeth A. Marintek juga menyampaikan penghargaan kepada pengurus DPD SPRI Kalteng atas keberhasilan pengurus DPD SPRI Kalteng yang telah aktif menjalankan dan membina organisasi SPRI di daerah Kalimantan Tengah, sehingga dari 32 DPD SPRI Se-Indonesia DPD SPRI Kalteng mendapat penghargaan terbaik se- Indonesia dari DPP SPRI pusat dalam pembinaan organisasi yang telah aktif menjalan organisasi SPRI di masing-masing DPC yang ada di Daerah Kalimantan Tengah, dan penghargaan tersebut diterima oleh ketua DPD SPRI Kalteng Albert Salatan SE, yang sekarang ini menjabat sebagai Sekjen SPRI Pusat,pungkas Marintek.
Sehingga dari hasil sidang Pleno Munas SPRI, telah mengesahkan dan menetapkan keputusan-keputusan Munas sebagai lembaga perwakilan anggota dan lembaga kekuasaan tertinggi organisasi sesuai dengan anggaran dasar SPRI Bab IX Pasal 13 Ayat 1 s/d 5 serta sidang komisi telah merumuskan masukan serta usulan peserta dan peninjau Munas SPRI untuk ditetapkan dalam sidang Pleno dan sidang Formatur telah menyusun kepengurusan DPP SPRI periode 2012 – 2017, yang dilaksanakan dengan sistim pemilihan langsung oleh peserta yang telah diatur dalam tata tertib pasal 5 ayat 1.
“Yang berlangsung pada sidang Munas SPRI, yaitu dari hasil pemilihan ketua DPP SPRI periode 2012 – 2017 dengan calon ketua Hentje Mandagi. ST dan Albert Salatan. SE, dengan jumlah pemilih 21 pemilih yang dihadiri 19 DPD SPRI, sehingga dari pemilihan tersebut Hentje Mandagi. ST memperoleh suara terbanyak 19 suara dan Albert Salatan SE memperoleh 2 suara, maka pada Munas SPRI periode 2012 – 2017 ini DPP SPRI di pimpin oleh Hentje Mandagi sebagai ketua dan Sekjen Albert Salatan yang berlangsung dengan alot dan tegang.
Sementara itu Sekjen DPP SPRI terpilih Albert Salatan menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan teman-teman yang diberikan kepada dirinya sebagai ketua DPD SPRI Kalteng selama 2 Periode, sehingga dia berjanji dalam waktu secepatnya akan melaksanakan Musda untuk mengisi jabatan ketua DPD SPRI Kalteng, dia juga menambahkan rombongan DPD SPRI Kalteng yang mengikuti Munas SPRI di Jakarta sebanyak 13DPCdengan jumlah peserta 24 orang peserta, jelas Albert.
Selain itu juga Ketua DPC SPRI Bartim Surianyah menambahkan pihaknya menyambut baik dengan suksesnya Munas SPRI ini, sehingga kedepannya organisasi SPRI ini dapat memberikan kontribusi dalam mengisi pembangunan di Daerah khusunya dalam bidang informasi dan bisa membina Pers di Daerah agar dalam membuat pemberitaan bisa berimbang dan terarah, sesuai dengan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, pungkas Suriansyah. (Ali/Metro7)