• Pancani : “Ini Semua Ada Kecurangan”
Tamiang Layang–DPP Partai Demokrat akhirnya resmi mendukung pasangan Drs M Yamin–Rini sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Bartim periode 2013-2014. Dukungan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan DPP Partai Demokrat Nomor 01/SK/DPP.PD/I/2013 tanggal 7 Januari 2013 tentang dukungan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepala Daerah Kabupaten Bartim Provinsi Kalimantan Tengah periode 2013 – 2018.
Hal ini diungkapkan Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Kalteng Rusdi Agus ketika ditemui Metro7 di Hotel Ade, Rabu (09/01) lalu. Terkait deklarasi pasangan Pancani dan Zain yang mengklaim mendapat dukungan dari partainya, Rusdi Agus mengatakan pihaknya tidak mendapat undangan.
“Sebelum adanya penetapan dari ketua DPP Partai Demokrat, kami terlebih dulu melakukan penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati setelah itu dari pusat melakukan Survei ke Daerah Bartim, setelah dilakukan tahapan-tahapan dengan mekanisme Partai Demokrat maka ketua DPP Partai Demokrat menetapkan Balon Bupati dan Wakil Bupati Drs M Yamin dan Rini untuk diusung menggunakan perahu Partai Demokrat  yang berkoalisi dengan partai Golkar dan Hanura,” kata Rusdi.
Rusdi juga menambahkan untuk menentukan Balon yang akan diusung oleh Partai Demokrat, maka dari pengurus DPC Kabupaten serta DPD Provinsi dan DPP masing-masing diambil tiga orang perwakilan untuk membahas Balon yang akan menggunakan perahu Partai Demokrat. Dari hasil rapat sembilan orang pengurus ada sebanyak 6 orang menyetujui pasangan Yamin-Rini diusung sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Bartim.
Sementara itu, Pancani Gandrung ketika dihubungi melalui ponselnya terkait dengan keputusan DPP Partai Demokrat tersebut menegaskan ada kecurangan dalam penetapan tersebut. “Tapi bagi saya tidak masalah yang penting kita punya perahu sedangkan koalisi parpol kita ada 20 kalau kita kumpulkan akan menjadi besar dan mampu membawa penumpang dari mana pun,” tegas Pancani. Metro7/Ali