Humas PT. Indopinta Abi Muamar didampingi Staf Legal Ari Wibowo
TAMIANG LAYANG- Sejak tahun 2008 PT. Indopinta Sejahtera Abadi sudah mulai melakukan surve dan tahapan sosialisasi di Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur, tentang keberadaan perusahaan tersebut, baru tahun 2012 kemarin perusahaan ini hanya mendapatkan izin lokasi tentang penggarapan lahan bidang  perkebunan kelapa sawit.
 Staf Legal PT. Indopinta Sejahtera Abadi. Ari Wibowo ketika ditemui Metro7 dikantornya belum lama ini, mengatakan saat ini pihaknya masih tahap pembukaan lahan dan pembebasan lahan kepada masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Paju Epat, sedangkan sistem perusahaan dengan masyarakat yang terkena lahannya yaitu berupa pemberian tali asih kepada masyarakat.
“Karena menurut perusahaan dengan adanya sistem tali asih ini, agar masyarakat yang mempunyai lahan dan dibebaskan oleh perusahaan tidak lagi diganti rugi oleh perusahaan tetapi melainkan ganti untung, sebab sistem tali asih ini sifatnya saling menguntungkan satu sama lainnya,”ungkap Ari Wibowo.
Masih kata Ari Wibowo, untuk izin lokasi yang diberikan oleh Pemerintah hampir mencapai 32 ribu hektar lebih yang meliputi Khusus Kecamatan Paju Epat, yang terdiri dari Desa Siong, Desa Telang, Desa Tampu Langit serta Desa Telang Baru dan Desa Balawa, sedangkan untuk pembebasan lahan masih dilakukan secara bertahap, sementara ini ada 5 Desa yang masuk dalam HGU PT. Indopinta, dan saat ini hanya mengarah ke tiga Desa dulu yaitu Desa Siong serta Balawa dan Tampu Langit untuk tahap pembebasan lahan.
Ari juga menambahkan, dari 32 ribu hektar yang masuk dalam HGU PT. Indopinta, saat ini pihaknya masih melakukan pembebasan lahan sudah mencapai 9 ribu hektar lebih sedangkan untuk penggarapan masih 2000 hektar lebih, dan yang lainnya kita masih secara berlahan dan bertahap.   
“Kita juga berharap dengan keberadan PT. Indopinta Sejahtera Abadi di Kabupaten Barito Timur khususnya Kecamatan Paju Epat, bukan semata-mata mencari untung tetapi sama-sama saling menguntungkan,  dan bisa meningkatkan APBD Daerah dalam meningkatkan pembangunan daerah, sehingga diharapkan adanya kerjasama yang baik satu sama lainnya dan bisa diterima secara meluas oleh masyarakat,” harap Ari Wibowo.
Selain itu Kades Siong, Sidianto mengatakan keberadaan PT. Indopinta, khususnya di Desa Siong sangat memberikan dampak positif bagi kehidupan warganya, karena tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Desanya semakin meningkat, sedangkan untuk meningkatkan pembangunan yang ada di Desa pihaknya sudah melakukan pembentukan koperasi plasma Desa yang masuk dalam wilayah HGU PT. (Ali/Rul/Metro7)