TAMIANG LAYANG – Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh hadiri Musyawarah Cabang (Muscab) III Ikatan Bidan Indonesia (IBI) kabupaten Barito Timur masa bakti 2018 – 2023 di Gedung Mantawara, Senin 16 Maret 2020.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Materna, Neonatal Melalui Germas dan Pelayanan Berkualitas”.

Habib Said menyampaikan bahwa bidan sebagai tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka dinilai sangat menentukan keberhasilan program kesehatan.

“Bidan juga harus mampu memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat serta mampu mengembangkan diri sesuai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,” ucapnya.

Habib mengakui bahwa profesi bidan bukanlah tugas yang ringan, karena para bidan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi kepada para bidan yang telah dengan sukarela mengabdikan diri di seluruh unit pelayanan kesehatan di Bartim, khususnya yang bertugas di daerah terpencil,” imbuh Habib.

Sementara itu, Ketua PD IBI Kalteng Noorhani mengharapkan agar IBI Bartim bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), karena kita sudah memiliki Undang – Undang Kebidanan, artinya semua pelaksanaan kegiatan oleh bidan ada aturannya sesuai AD ART yang ada.

“Saya harap IBI mampu menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi dan Balita, Stunting dan yang tidak kalah pentingnya saat ini adalah masalah Corona. Bagaimana kita bisa menyikapi kesehatan diri, keluarga dan lingkungan perlu diperhatikan dengan membiasakan hidup sehat,” harapnya.(metro7/budi).