TAMIANG LAYANG, metro7.co.id — Cuaca yang mulai panas belakangan ini, patut diwaspadai oleh masyarakat. Kewaspadaan itu ditujukan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran.

Menurut Camat Karusen Janang Kabupaten Barito Timur, Etiani diwilayahnya memang harus diwaspadai, mengingat tahun lalu pernah terjadi kebakaran.

“Tahun lalu pada musim kemarau pernah terjadi kebakaran hutan atau lahan ilalang di Uak Desa Kandris. Agar tidak terjadi lagi, maka saya tekankan kepada Kades setempat agar diperhatikan hal hal tersebut,” ujarnya, Rabu 26 Agustus 2020.

Tak hanya Desa Kandris, semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Karusen Janang juga diminta mewaspadai hal tersebut.

“Kita sudah turun kelapangan beberapa kali mengimbau melalui kades, pengurus desa bahkan  kepada masyarakat Langsung agar berhati hati dalam menyikapi bahaya kebakaran hutan maupun lahan,” ungkapnya.

Camat yang ramah ini mengungkapkan,  saat musim kemarau, potensi terjadinya kebakaran meningkat. Terik matahari yang panas menyebabkan benda-benda mengering sehingga mudah terbakar.

Kepada masyarakat juga ia minta agar lahan yang tidak perlu dibakar jangan dibakar, karena menjaga keadaan alam perubahan cuaca seperti ini.

“Waspadai bahaya kebakaran, lebih baik mencegah daripada sudah terlanjur terjadi,” pungkasnya.*