TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Kondisi jalan antar desa di Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur (Bartim ), tepatnya di Desa Tuyau mengalami rusak parah. Bahkan, akibat jalan rusak tersebut ada pengendara yang mengalami kecelakaan.

“Sudah dua kali orang kecelakaan di jalan itu. Pertama mobil taksi terperosok dan yang kedua pengendara sepeda motor. Beruntung tidak luka parah, hanya saja luka dibagian tangan,” ungkap salah satu warga Tuyau yang enggan namanya disebutkan, kemarin.

Dirinya mengungkapkan, jalan Bambulung-Tuyau itu sudah beberapa tahun rusak, namun belum juga diaspal. Ditambah lagi adanya banjir beberapa waktu lalu, sehingga menambah kerusakan. Banyak lobang yang siap mencari korban lagi.

Dengan kondisi jalan seperti itu, dirinya merasa prihatin. Apalagi masyarakat yang melintasi jalan tersebut tak hanya Desa Tuyau saja melainkan banyak desa.

“Jalan itu harus secepatnya diperbaiki, mengingat jalan itu adalah akses untuk menuju Kantor Kecamatan, Kabupaten, Polsek dan juga pasar Ampah. Jangan sampai ada korban jiwa lagi baru ada perhatian dari pemerintah,” harapnya.

Sementara itu, Edirisasi yang merupakan warga Buntok Kabupaten Barito Selatan mengakui jalan rusak disini sudah 4 tahun. Kalau tidak secepatnya diperbaiki maka kalau banjir datang jalan bisa putus.

“Saya sebagai orang yang hampir setiap hari melintasi jalan ini sangat berharap akan adanya perbaikan. Ada beberapa lobang di sepanjang jalan ini kondisinya sangat memprihatinkan,” tutur lelaki paru baya kelahiran Pinang Tunggal.

Edirisasi mengaku, dengan akses jalan yang rusak seperti ini dirinya kesulitan untuk mengangkut hasil kebunya, maklum kalau tidak ekstra hati hati bisa terperosok dilobang yang dalam.

“Saya banyak kebun di Desa Pinang Tunggal, namun setelah pensiun saya tinggal di Barsel. Saya sering kepinang tunggal melintasi jalan ini,” ungkapnya.

Dirinya menyebut, kalau akses jalan baik, tentu perekonomian masyarakat disini juga akan bagus, apalagi disini banyak warga melintas untuk mengangkut hasil kebun, pertanian dan lainya.

“Masyarakat dari Tuyau, Pinang Tunggal, Kupang Bersih dan Ketab yang kasian, kalau mau ke kecamatan, kabupaten, Polsek, KUA dan pasar serta anak anak pelajar harus melintasi jalan rusak. Semoga Pemerintah Daerah Bartim segera memperbaiki jalan ini, sehingga akses masyarakat menjadi nyaman,” pungkasnya.***