TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Setelah resmi menjabat Kepala Desa Bararawa, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur (Bartim), Mardansah berkomitmen untuk memajukan desa dan mensejahterakan warga masyarakatnya.

Dirinya mengaku akan merubah pola kepemimpinan kepala desa yang dulu. Karena menurut mantan kepala sekolah SDN Bararawa ini, pemerintahan desa sebelumya kurang transparan kepada masyarakat.

“Selama ini tidak ada keterbukaan, sehingga masyarakat menganggap pembangunan pembangunan selama ini fiktif,” ujarnya saat dibincangi dikediamannya, Jumat 29 September 2023.

Selain masalah pembangunan, aset aset desa, juga ia nilai sampai saat ini kurang jelas. Maka dari itu, dirinya selaku Kepala Desa yang baru berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan kesalahan pendahulunya.

“Demi membangun desa agar lebih maju dan lebih baik lagi, kami akan merubah pola seperti pemimpin desa yang dahulu dengan mengedepankan keterbukaan kepada masyarakat, baik itu masalah pembangunan fisik, program pemberdayaan dan lainya,” tegasnya.

Ditanya program prioritas pada tahun 2024, dirinya akan membangun tempat pemandian masyarakat sebanyak tiga titik. ” Di RT 05, di RT 01 dan RT 04 yang akan kita bangun pelabuhan pemandian masyarakat,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, pembangunan tempat pemandian tersebut memang lebih utama di usulkan masyarakat, mengingat musim kemarau seperti ini tentu air akan sulit dicari.

Selain masalah pemandian, dirinya juga akan membangun sumur gali dan sumur bor untuk keperluan masyarakat sehari hari. Sehingga tentunya masyarakat akan mudah mendapatkan air bersih.

Tak hanya itu, dirinya juga akan mendukung para petani,.dengan cara melanjutkan atau menambah lagi Titian usaha tani.

“Pembangunan Titian usaha tani yang belum selesai akan kita selesaikan dimana titik yang sudah ditentukan oleh masyarakat. Maka dari itu, agar program tersebut berjalan sesuai apa yang diharapkan, saya meminta dukungan dari segala pihak, termasuk masyarakat dan lembaga lembaga lainya,”imbuhnya.

Sementara Jumri selaku Anggota BPD Desa Bararawa mengaku siap mendukung program Mardansyah selaku kades yang baru.

“Baik itu program pembangunan fisik, pemberdayaan maupun lainya saya siap mendukung asal itu demi kepentingan masyarakat banyak,” ucapnya. *