TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Kepala Desa Kupang Bersih Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur mengaku program ayam petelor Pemdesnya sudah menghasilkan.

“Alhamdulillah program ayam petelor yang kami kelola sudah kelihatan hasilnya,” ungkap H. Alpiansyah selaku Kades Kupang Bersih saat dibincangi awak media, Senin 5 Oktober 2020.

Kades mengatakan, dari 300 ekor ayam petelor yang di kembangkan, kini sudah 450 butir telor yang dihasilkan untuk dua hari.

Jadi melihat hasil tersebut, dirinya menyebutkan bahwa budidaya ayam petelur yang dikelola sudah bisa membiayai pakannya sendiri.

“Kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli pakan, karena dari hasil penjualan telor tersebut sudah bisa membeli pakan dan untuk uang pengelola ayam tersebut,” jelasnya.

Diungkapkanya, dalam dua hari ayam yang dikelola pihaknya tersebut menghabiskan pakan sebanyak 1 sak dengan berat 50 kelogram dengan harga 350.ribu rupiah.

“Jadi kalau kita kalikan dengan telor yang dihasilkan selama dua hari maka program ayam kita dinyatakan berhasil,” jelasnya.

Selain berhasil, program ayam petelor juga sangat membantu warga masyarakat. Menurut kades, warganya tidak usah lagi jauh jauh mencari telor ayam karena pihaknya sudah bisa memenuhi kebutuhan warga Kupang Bersih.

“Harga yang kami jualpun jauh lebih murah dari pada harga yang dijual diwarung, tentu dengan adanya kehadiran prorgam ayam petelor ini sangat membantu warga masyarakat Kupang Bersih,” imbuhnya.*