KUALAKAPUAS, metro7.co.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kapuas juga sebagai Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas Dr. H. Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes menyampaikan perkembangan terkait data Covid-19 di Kabupaten Kapuas melalui siaran langsung di kanal media sosial Kominfo Kabupaten Kapuas yaitu Instagram, Facebook dan Youtube, Sabtu (13/2/2021) sore di Studio Mini Kantor Diskominfo Kapuas.

Adapun perkembangan pada hari ini yang disampaikan oleh Dr. H. Junaidi,SE, SKM, M.AP, M.Kes bahwa perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas terdapat 34 penambahan kasus positif baru covid-19 dengan rincian tujuh kasus dari Kecamatan Selat, satu kasus dari Kecamatan Tamban Catur, dua kasus dari Kecamatan Kapuas Timur, dua kasus dari Kecamatan Pulau Petak, dua kasus dari Kecamatan Kapuas Murung, satu kasus dari Kecamatan Kapuas Hulu, dua kasus dari Kecamatan Pasak Talawang, 16 kasus dari Kecamatan Kapuas Barat dan satu kasus dari Kecamatan Basarang. Kemudian untuk pasien sembuh atau selesai isolasi bertambah empat kasus dengan rincian tiga kasus dari Kecamatan Selat dan satu kasus dari Kecamatan Tamban Catur.

Sehubungan dengan masih adanya penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kapuas, maka dihimbau kepada daerah-daerah yang kasusnya masih tinggi untuk betul-betul menerapkan protokol kesehatan dan selalu peduli kepada yang lainnya dengan selalu mengingatkan protokol kesehatan yang sangat penting dilaksanakan.

“Seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas harus mentaati surat edaran Bupati Kapuas Nomor : 360/36/ SATGAS-COVID/KPS.2021 dan juga Perbup No 46 tahun 2020 tentang Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan dimana masyarakat Kabupaten Kapuas harus mengikuti anjuran Pemerintah untuk menerapkan 4M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun diair yang mengalir dan menghindari kerumunan massa,” ungkapnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk melindungi diri dan keluarga serta masyarakat di sekitar dari penyebaran covid-19 tersebut, dengan cara menerapkan protokol Kesehatan dengan penuh tanggung jawab.

Tercatat pasien positif yang masih dalam perawatan sebanyak 86 orang, pasien positif yang meninggal dunia sebanyak 34 orang dan yang dinyatakan selesai isolasi atau sembuh sebanyak 1.224 orang, sehingga total kasus terkonfirmasi di Kabupaten Kapuas berjumlah 1.344 orang.