TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Pemerintah Desa Nagaleah, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur (Bartim) merencanakan membangun TK -TPA didesanya.

Kepala Desa Nagaleah, Hamidan mengatakan, bahwa TK-TPA didesanya memang perlu dibangun, mengingat saat ini antusias warga sangat tinggi, saat ini untuk aktifitas anak anak belajar terpaksa dimesjid karena belum mempunyai bangunan khusus.

“Kita akan bangun tahun ini menggunakan dana desa, semoga saja pembangunanya nanti bisa terlaksana dan berjalan lancar, sehingga dapat dimanfaatkan untuk belajar mengajar,” ujar Hamidan, kemarin.

Adapun besar bangunanya, jelas Hamidan, panjang 8 meter dan lebar 6 meter melalui anggaran dana desa (DD) sebesar kurang lebih Rp.150 juta.

Menurut Hamidan, taman kanak kanak dan taman pendidikan Al Qur’an (TK-TPA) merupakan bagian dari program pembangunan sumber daya manusia atau SDM  sehingga harus terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya.

Hamidan mengatakan, TK dan TPA termasuk bagian dari program pembangunan SDM berkualitas dan pembangunan SDM berkualitas merupakan salah satu program pemerintah Desa Nagaleah

“SDM berkualitas itu tak terlepas dari tiga pilar utama, yaitu berpendidikan, sehat dan memiliki pengetahuan agama,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk mengatasi krisis moral bagi generasi muda, perlu segera dibentengi sejak dini, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai agama pada anak usia dini.

“Semoga pembangunanya nanti berjalan lancar, sehingga dapat digunakan untuk belajar mengajar,” pungkasnya.*