Tamiang Layang — Delapan orang anggota Komisi D DPRD Provinsi Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Barito Timur, Selasa (13/8) tadi. Kedatangan anggota dewan tersebut guna menindaklanjuti beberapa usulan mengenai beberapa ruas jalan negara yang mengalami kerusakan.
Sekretaris Komisi D DPRD Kalteng Srie Alfiati Gandrung, mengungkapkan jalan merupakan urat nadi guna menunjang majunya perekonomian bagi masyarakat. Dipaparkannya, selama ini DPRD provinsi telah menerima beberapa usulan perbaikan beberapa titik ruas jalan negara mulai dari Pasar Panas, Kecamatan Benua Lima hingga ke jalan negara Patung Desa Tampa, Kecamatan Paku.
“Jalan yang rusak, tentunya akan berakibat menghambat majunya perekonomian suatu daerah. Karena jalan merupakan urat nadi suatu daerah,” papar Srie.
Dalam hal ini, rombongan dewan tersebut sempat menyoroti ruas Jalan Balawa yang dinilai cukup parah kerusakannya. Bahkan, Srie menilai ruas Jalan Desa Balawa yang terletak di Kecamatan Paju Epat ini termasuk dalam beberapa titik ruas jalan yang harus diprioritaskan untuk segera diadakan perbaikan.
“Jalan Desa Balawa termasuk cukup parah kerusakannya. Ini yang harus diprioritaskan untuk diadakan perbaikan,” tutur Srie.
Tentunya, banyaknya usulan yang masuk tidak dapat direalisasikan semuanya. Tetapi akan diadakan peninjauan ulang untuk menentukan beberapa titik ruas jalan yang akan diprioritaskan.
“Kami akan meninjau dan membahas ulang bersama bupati dan menentukan beberapa titik ruas jalan yang akan diprioritaskan,” terangnya.
Rencananya, setelah ini sejumlah anggota dewan tersebut akan melakukan peninjauan langsung ke lokasi beberapa titik yang akan dilakukan perbaikan. (Metro7/MJ/Sigit)