PANGKALAN BUN, metro7.co.id – Setiap harinya beberapa wilayah yang berada di Indonesia diguyur hujan lebat, tidak terkecuali apa yang dialami oleh Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang hampir setiap harinya turun hujan dengan intensitas yang lebat.

Dengan hujan terus mengguyur Kobar secara lebat, sehingga bisa menyebabkan di beberapa titik tergenang air. Akan tetapi untuk mengantisipasi genangan air atau banjir tersebut, bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kobar terus berbenah.

Kabid SDA Dinas PUPR Kobar, Retno ketika diwawancarai oleh media Metro7, Rabu (23/06/2021) menjelaskan, bahwa pihaknya melalui Satgas bidang SDA setiap harinya melaksanakan pembersihan di saluran-saluran air.

“Kami sudah antisipasi banjir melalui gerakan nol sumbatan. Melalui Satgas Bidang SDA, setiap hari melaksanakan pembersihan di titik-titik sumbatan saluran drainase utama  menuju Sungai Buun, tembaga dan sungai bamban,” jelas Retno.

Retno pun menambahkan, bahwa pihaknya akan selalu bekerja untuk masyarakat dengan penuh keikhlasan, karena tujuan dari gerakan nol sumbatan itu dirinya menginginkan tidak ada lagi genangan air atau banjir yang melanda Kobar.

Lanjut Retno, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan, apalagi sampai membuang sampah itu di saluran air atau sungai.

Harapannya, dengan gerakan nol sumbatan ini, masyarakat dapat merasakan hasil positif yang mana Kabupaten Kotawaringin Barat ini untuk saat ini dan kedepannya tidak akan mengalami banjir lagi.[]