TAMIANG LAYANG – Tak mau menunggu warganya terpapar virus Corona, Pemerintah Desa Muru Duyung Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur lakukan berbagai langkah.

Salah satunya adalah melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara masal diberbagai tempat diwilayah Desa Muru Duyung. Tak hanya itu, pemdes Muru Duyung juga tak pernah bosan mengingatkan kepada warganya agar selalu menjaga daya tahan tubuh dan membiasakan hidup sehat dan bersih serta mengurangi aktifitas diluar rumah apabila tak terlalu penting.

Kepala Desa Muru Duyung Bayanto J Salau memaparkan, berbagai upaya sudah dilakukan oleh Pemdesnya bersama para relawan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid 19.

“Kita sudah beberapa kali melakukan penyemprotan cairan disinfektan kerumah warga maupun tempat publik lainya,” ujarnya via whatsaap, Minggu 17 Mei 2020.

Kades menyebutkan, terkait penanganan dan pencegahan penularan virus Corona, pihaknya menganggarkan sebayak Rp. 20 juta melalui dana desa.

“Dana tersebut kita gunakan untuk pengadaan masker, alat pemeriksa suhu tubuh, tempat cuci tangan, membeli sabun, melakukan kegiatan penyemprotan dan lainya,” akunya.

Untuk memutus mata rantai virus Corona, dirinya meminta kepada semua kalangan termasuk warga masyarakat setempat agar ikut berpartisipasi.

“Walaupun peran pemerintah adalah yang utama, namun peran masyarakat juga sangat diharapkan untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai Covid 19 dengan cara mematuhi imbauan dari pemerintah,” harapnya.

Pambakal juga meminta kepada warga masyarakatnya agar terus mematuhi protokol kesehatan dari tim Gugus.

“Mari kita berdoa agar wabah virus Corona ini segera berlalu. Tetap gunakan masker apabila keluar rumah,” pungkasnya.(metro7/budi)