TAMIANG LAYANG – UPTD Puskesmas Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur turut andil dalam pelaksanaan pengamanan menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hal itu dibuktikan dengan menyiagakan petugas kesehatan untuk menempati pos jaga didepan pos pasar Tamiang Layang yang didirikan oleh Polres Bartim.

Kepala Puskesmas Tamiang Layang Ringkai mengatakan, setiap ada hari besar seperti hari natal dan hari raya idul fitri petugasnya selalu berpartisipasi untuk ikut andil dalam memberikan pengamanan melalui bidang kesehatan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan.

“Nanti petugas kita akan bergabung di pos-pos yang disediakan oleh Polres, mereka akan bergabung bersama aggota TNI, Polri, Pramuka, dan Satpol PP untuk tugasnya, mereka menggunakan shif. disetiap shiftnya akan disiagakan dua orang petugas kesehatan,” ujarnya Selasa, 24 Desember 2019.

Ringkai menjelaskan, selain menempatakan petugas, mereka juga akan menyiapkan beberapa fasilitas pendukungnya.

Fasilitas tersebut seperti obat-obatan untuk berjaga-jaga jika ada personel atau masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, mereka juga menyiapkan satu unit ambulans di pos tersebut, tujuanya adalah apabila ada pengendara yang kecelakaan maka bisa merujuknya langsung ke RSUD Tamiang Layang.

“Jadi selain petugas, kita juga menyiagakan ambulans dan obat-obatan emergency. Nanti kalau ada pengendara yang mampir, kita akan lakukan pengecekan seperti memeriksa tekanan darah dan lainya,” katanya lagi.

Lelaki yang ramah ini juga mengungkapkan, meski ada beberapa petugas yang berjaga di pos pengamanan akhir tahun, namun dirinya memastikan kegiatan yang ada di puskesmas tetap berjalan. Karena, untuk petugas yang bersiaga di pos dengan sistem bergantian.

“Bagi masyarakat yang akan mudik atau sekedar berlibur, dirinya mengimbau agar selalu menjaga kesehatannya. Batas maksimal kekuatan tubuh saat berkendara, hanya enam jam. Jika memang sudah hampir masuk waktu maksimal, dirinya meminta agar pengendara segera beristirahat,” jelas Ringkai.

Pelayanan petugas kesehatan dari Puskesmas Tamiang Layang untuk mengisi pos jaga Polres Bartim dimulai dari tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan tanggal 2 Januari 2020.(metro7/budi).