TAMIANG LAYANG  – Untuk mengurangi kerumunan dan membantu warga dipelosok, Pemerintah Desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur lakukan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa secara door to door kepada warga yang sudah terverifikasi dalam validasi dan finalisasi musyawarah desa khusus (Musdesus) tentang penetapan data keluarga miskin penerima.

“Kita sudah selesai menyalurkan BLT DD kemarin. Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau KK didesa ini ada 87 KK,” ujar Kepala Desa Sumber Garunggung Supardi, Selasa 16 Juni 2020.

Supardi mengaku, penyaluran BLT DD langsung didampingi  Perangkat Desa, Ketua BPD beserta Anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan lainya sampai sampai ke pelosok wilayah RT 5  jatus dan RT 6 Simpang  Yayang.

Diterangkan Supardi, dalam rangka percepatan penanggulangan wabah Covid 19, pemerintah Republik Indonesia memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak melalui program Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD).

“Pemerintah pusat memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak Covid-19 di Desa kami melalui program BLT dari Dana Desa, salah satu kriteria warga penerima BLT DD adalah warga yang tidak masuk dalam program bantuan seperti PKH, BPNT, bantuan sosial tunai (BST) Kemensos  serta bansos lainya” jelasnya.

Ditambahkanya, BLT dari DD tersebut diberikan kepada masyarakat kurang mampu terdampak covid-19 sebesar Rp 600.000 perbulan, dan nantinya diberikan selama tiga bulan.

“Bantuan BLT-DD di berikan selama 3 bulan, dengan besaran Rp. 600.000 perbulan dan di harapkan agar bantuan ini dapat meringankan beban hidup masyarakat serta digunakan sebaik mungkin disaat wabah Covid 19 ini,” pungkasnya.***

Reporter : Budi Irawan / Barito Timur – Kalimantan Tengah.