TAMIANG LAYANG, metro7.co..id – Tenaga kesehatan atau Nakes di RSUD Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur (Bartim),  mulai divaksinasi dosis ketiga.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur RSUD Tamiang Layang, dr. Viny Safari, kepada awak media, Selasa (24/8/2021).

Vinny mengatakan, jumlah nakes dan tenaga  penunjang di RSUD Tamiang layang berjumlah 350 orang, namun yang masuk kriteria hanya 224 orang.

Ia menjelaskan, kenapa sisanya tidak masuk kriteria atau belum didaftarkan untuk mendapatkan dosis ketiga,  karena yang bersangkutan masih terinfeksi covid 19.

“Vaksinasi kepada nakes dan tenaga penunjang sudah kita laksanakan sejak tanggal 18 Agustus lalu. Kita targetkan sampai tanggal 27 Agustus semuanya sudah tervaksin,” ujarnya.

Diungkapkannya, selain melakukan vaksinasi dosis ketiga nakes dan tenaga penunjang dari RSUD, pihaknya juga melakukan vaksinasi kepada 67 orang nakes dikantor dinas Kesehatan Bartim.

“Saat ini masih tersisa 107 nakes dan tenaga penunjang dari RSUD dan Dinas Kesehatan yang belum divaksin dosis ketiga, dijadwalkan sisanya kita lakukan vaksinasi lagi, pada tanggal 25 dan 27 Agustus 2021,” pungkasnya.

Ditambahkanya, adapun jenis vaksin dosis ketiga ini adalah vaksin jenis moderna.

Ia menjelaskan, bahwa vaksin moderna  itu diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga.

Menurutnya,  vaksin tahap ketiga dapat memberikan tambahan perlindungan imun saat tenaga kesehatan menjalankan tugas di RSUD maupun fasilitas kesehatan lainnya.

“Vaksinasi dosis ketiga ini wajib, sesuai dari Surat edaran menteri kesehatan pada tanggal 9 Juli kemarin, tujuanya untuk mengimuni nakes yang beresiko tinggi terpapar covid 19,” pungkasnya.***