TAMIANG LAYANG – Untuk memacu meningkatkan hasil pertanian masyarakat, dan membantu kelancaran aktivitas warga, Pemerintah Desa Baruyan kecamatan Raren Batuah, Bartim fokus membangun infrastruktur jalan untuk menuju areal persawahan masyarakat.

“Dana Desa tahun 2020 ini kita fokus membangun jalan dan Titian usaha tani, Karena masyarakat disini hampir mayoritas sebagai petani dan pekebun,” ujar Yandi selalu Kades Baruyan, Minggu, 8 Maret 2020.

Yandi menjelaskan, dirinya melaksanakan pembangunan jalan usaha tani menuju ke areal perkebunan dan persawahan warga memang sudah menjadi programnya sebagai Kepala Desa, alhasil pada tahun 2019 lalu telah berhasil melakukan pembangunan jalan dan Titian usaha tani.

“Tahun lalu juga kita fokus bangaun infrastruktu jalan kepertanian, dan tahun ini pula akan dilanjutkan, dan semuanya ini adalah kesepakatan bersama warga dan perangkat desa,” jelasnya.

Menurut Yandi, dirinya membangun inprastruktur jalan usaha tani tersebut bertujuan agar warga tidak kesulitan  membawa hasil panennya sampai ke desa.

Diungkapkan saat membawa hasil panen untuk menuju ke desa membutuhkan waktu hingga berjam – jam, padahal jarak tempuh perjalanan tidak begitu jauh. Namun, karena kondisi jalan penghubung dari areal persawahan menuju ke desa selama ini hancurnya sangat parah maka aktivitas warga sering terhambat.

“Saya berharap dengan adanya pembangunan Jalan, kami selaku pemerintah desa kedepannya supaya warga bisa menfaatkan jalan ini dengan baik, bahkan sekarang tidak hanya untuk mempermudah akses membawa hasil panen saja, tetapi  sejak jalan ini dibangun, sepeda motor maupun alat pertanian sudah lancar setiap hari. (metro7/budi)