TAMIANG LAYANG, metro7.co.id –  Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Barito Timur (Bartim), ke-19 dilaksanakan secara sederhana dengan dihadiri tamu undangan yang sangat terbatas. Kegiatan itu dilaksanakan di rumah jabatan bupati setempat, (3/8/ 2021).

Pelaksanaan syukuran itu dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, Ketua DPRD Bartim, Nursulistio, Kapolres Bartim, Dandim 1012 Buntok, Ketua Pengadilan Tamiang Layang, Kejari Barito Timur dan lainya.

Peringatan HUT Bartim dengan mengusung tema “Barito Timur Sehat,” dan Sub Tema dengan semangat Gumi jari Janang kalalawah bersatu padu menangani covid 19″.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ampera mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Barito Timur untuk saling bergandengan tangan, bersama sama membangun Kabupaten Barito Timur menuju Gumi Jari Janang Kakalawah.

Ampera mengatakan,  peringatan HUT ke 19 Kabupaten Barito Timur masih dalam suasana pandemi Covid 19,  mengajak seeluruh masyarakat untuk tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan.

“Akhir- akhir ini banyak warga Barito Timur yang terpapar covid 19. Disamping itu ruang isolasi Covid 19 di Rumah Sakit Tamiang Layang terbatas, juga sempat krisisis oksigen untuk pasien Covid-19, obat-obatan juga terbatas,” terang Ampera AY Mebas.

Karena keterbatasan oksigen dan obat-obatan Bupati memohon bantuan kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah untuk turun tangan membantu.

Disamping itu juga, Bupati juga akan me-lockdown 25 desa di wilayah Kabupaten Barito Timur yang masuk katagori zona merah, jelas Bupati dalam sambutanya dan  didengar oleh Asisten I Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yang mewakili Gubernur Kalimantan Tengah.

Selain memaparkan kondisi terkini Kabupaten Barito Timur,  Ampera AY Mebas tak henti-hentinya  mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Barito Timur, untuk membangun Barito Timur dengan tampa memandang ras dan agama.

“ Mari bersama-sama membangun Barito Timur dengan bekerja keras dan iklas menuju Gumi Jari Janang Kalalawah. Bangkit, Maju bersama-sama, berbakti dan berkarya,” tuturnya.

Acara syukuran tersebut juga dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh Asisten 1 Sekda Provinsi Kalteng, Hamka dan juga kepala dan wakil kepala daerah Se-Kalteng.***