TAMIANG LAYANG – Data terbaru Covid- 19 di Kabupaten Barito Timur Juma’at 17 April 2020 mengalami perubahan dari sebelumnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 merilis data terbaru Covid-19 di Kabupaten Barito Timur hari ini bahwa Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami peningkatan menjadi 6 orang, sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berkurang menjadi 19 serta pasien positif Covid-19 tetap 1 orang.

“Ada tambahan PDP baru 5 orang, tadi malam sudah dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur Simon Biring di Tamiang Layang.

Dia menjelaskan bahwa pasien positif Covid-19, PDP dan ODP tersebar di 4 Kecamatan di Kabupaten Barito Timur. Berikut peta sebarannya:

  1. Kecamatan Pematang Karau terdapat ODP 1 orang dan PDP 1 orang, semuanya berasal dari Desa Bambulung.
  2. Kecamatan Dusun Tengah terdapat positif Covid-19 1 orang, PDP 4 orang dan ODP 16 orang, semuanya berasal dari Kelurahan Ampah Kota.
  3. Kecamatan Paku terdapat ODP 2 orang, semuanya berasal dari Desa Pangkan.
  4. Kecamatan Benua Lima terdapat PDP 1 orang, berasal dari Desa Banyu Landas.

Simon meminta kepada masyarakat Barito Timur agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19.

“Tetap gunakan masker saat keluar rumah karena saat ini makin banyak Orang Tanpa Gejala atau OTG Covid-19 namun di dalam tubuhnya sudah ada virus tersebut. Tidak harus masker dari pabrik, kita bisa buat sendiri dengan menggunakan kain,” imbuhnya.(metro7/budi).